OUTDOOR LEARNING DI ECO GREEN PARK

Foto-11

 

Raut wajah para siswa kelas XI SMAN 10 Malang terlihat ceria. Pasalnya, mereka mengikuti kegiatanOutdoor Learning yang akan diselenggarakan di Eco Green Park di Kota Batu pada hari Selasa (8/4).  Siswa mulai berdatangan sekitar pukul 07.00 pagi dan berkumpul di sekitar lapangan basket. Pukul 07.30, siswa dibariskan sesuai kelas masing-masing untuk presensi pagi. Sebelum berangkat, Ibu Niken Asih Santjojo, Kepala SMAN 10 Malang, hadir untuk memberikan sambutan di hadapan para siswa dan guru pendamping. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar siswa selalu menjaga nama baik sekolah selama pelaksanaan kegiatan, terlebih lagi terpampang identitas sekolah di T-shirt yang dikenakan siswa.

Foto-2

 Pukul 08.30, setelah pembagian konsumsi dan lembar soal yang harus dikerjakan saat di Eco Green Park, siswa diberangkatkan dengan empat armada bus. Perjalanan dari sekolah menuju Eco Green Park memakan waktu ± 1 jam. Siswa sampai di Eco Green Park tepat pukul 09.30 dan memasuki area Eco Green Park sekitar pukul 10.00 setelah pembagian tiket masuk.

Foto-3

Siswa mulai menjelajahi berbagai macam wahana yang harus dikunjungi dan dilaporkan seperti yang diinstruksikan dalam lembar soal. Ada 14 wahana yang harus dikunjungi dan dilaporkan siswa, diantaranya Miniatur Candi (XI IPS), Geology (XI IPS), Jungle Adventure (XI IPS), Insectarium (XI IPA), Walking Bird (XI IPA), Rumah Terbalik (XI IPA), Animal Farm, Hydroponic, Dome Multimedia, dan Eco Journey.

Foto-4 (1)

Selain melaporkan wahana yang dikunjungi, siswa juga harus menggambar peta lokasi setiap wahana di selembar kertas yang telah disediakan.  Pengerjaan laporan dan peta lokasi dilakukan secara berpasangan (2 orang). Meskipun mendung mulai menggantung di langit dan hujan deras mengguyur sekitar pukul 14.00, namun tidak menyurutkan semangat siswa untuk terus menjelajahi area sembari menyelesaikan tugas.  Tak jarang, siswa pun berbasah-basahan, terutama saat mencoba wahana Basmi Hama karena wahana tersebut memakai semprotan air sebagai alat permainannya.

Foto-5

    Pukul 15.00, kegiatan Outdoor Learning diakhiri dan siswa meninggalkan Eco Green Park. Kegiatan selama seharian itu berjalan lancar walaupun sempat hujan deras menjelang berakhirnya kegiatan. (rayhan)

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *