Dalam rangka acara Siswa Mengenal Nusantara, siswa-siswi yang berasal dari provinsi Sulawesi Tenggara mengunjungi SMAN Taruna Nala Jawa Timur. Tepatnya Rabu (02/08) pada pukul 10.30 pelajar tersebut sampai di kampus tercinta.

Acara Siswa Mengenal Nusantara ini diadakan oleh menteri BUMN untuk provinsi seluruh Indonesia yang bertujuan agar pelajar di Indonesia mengetahui sistem pendidikan di nusantara atau Indonesia.

Siswa yang mengikuti acara ini adalah siswa terbaik dari sulawesi tenggara. Karena dalam mengikuti acara ini siswa harus mengumpulkan essai 500 kata dan di seleksi. Dalam seleksi ini setiap kabupaten terdapat 1 siswa yang dapat mengikuti kegiatan ini. Dan khusus kota kendari terdapat 4 orang. Sehingga untuk kontingen sulteng terdapat 20 anak dan biaya pendaftaran maupun perjalanannya tidak dipungut biaya. Bahkan di sepanjang perjalanan mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap.

Peserta Siswa Mengenal Nusantara ini di jawa timur selama 1 minggu, mulai dari hari senin sampai dengan minggu. Dalam 1 minggu ini peserta mendapat pengalaman yaitu pengenalan budaya, pengenalan eunterprenerrship, dan pengenalan education di jawa timur. Pada pengenalan eunterprenership ini mereka diajak untuk ke pabrik/industri. Dan pada pengenalan education terdapat study tour di SMAN 5 Surabaya dan SMAN Taruna Nala Jatim.

Saat school touring dan dorm touring mereka sangat antusias untuk mendengarkan dan melihat lingkungan baik sekolah maupun asrama.  Terkadang mereka bercertita tentang sekolah diseling dengan bertanya bagaimana sistem disekolah, aturan yang ada, dan proses pembelajarannya.

Setelah selesai mengelilingi asrama dan sekolah, mereka di persilahkan untuk kembali ke mercusuar untuk di buka sesi pertanyaan. Dalam sesi tersebut terdapat 2 siswa dan 1 pembina yang bertanya tentang Smantar. Setelah sesi pertanyaan peserta berfoto di depan mercusuar dan kembali melanjutkan perjalanan selanjutnya. (By: Tim Jurnalis)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *