Sedikit Kepedulian, Menjaga Kesehatan Pasar

Pasar merupakan sesuatu yang penting dalam rutinitas hidup masyarakat. Namun, sesuatu yang penting ini tidak semuanya dalam kondisi yang bersih dan teratur. Untuk meningkatkan fungsi dan nilai pasar di Indonesia, WHO (World Health Organization) yang memiliki cabang di Gedung Bina Mulia, Kuningan, Jakarta, melakukan sosialisasi pengembangan pasar sehat dan percontohan di seluruh Indonesia.

Rabu (16/3) , WHO dan timnya bersama beberapa anggota Dinas Kota Malang berkunjung ke SMAN 10 Malang yang notabene merupakan sekolah berwawasan lingkungan yang tidak jauh dari pasar. Dalam kunjungannya, Bapak Tri Prasetyo Sasimartoyo, Msc, PhD , staf National Professional Officer (NPO) dalam bidang pasar sehat menuturkan, “SMAN 10 Malang sebagai sekolah berwawasan lingkungan yang berdekatan dengan pasar tradisional diharapkan mampu memberi contoh yang baik bagi lingkungan pasar Sawojajar.”

Malang merupakan salah satu kota percontohan akan pasar bersih dan sehat. Di Malang, pasar Madyopuro merupakan pasar yang sehat dan bersih menurut WHO. “Kebersihan lingkungan, sarana fisik dan perilaku pedagang merupakan beberapa aspek yang dilihat dalam mengkategorikan status pasar tradisional, dan pasar di dekat SMAN 10 Malang ini, sudah cukup baik dilihat dari aspek-aspek tersebut,” ujar Dr. Yuni, tim kesehatandari Kemenkes RI yang ikut dalam rombongan tersebut.

Dengan diadakan kunjungan ini, diharapkan Pemerintah Kota Malang segera menindaklanjuti kondisi pasar tradisional di Kota malang agar tercipta kondisi pasar yang sehat, bersih dan nyaman bagi warga kota Malang. Sedikit kesadaran yang tulus akan melestarikan lingkungan akan membawa dampak yang akan mempengaruhi orang lain agar bersama-sama melestarikan lingkungan.(Ang)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *