Sosok Guru Berprestasi Kota Malang 2013

Drs. Nur Ali Akhmad,M.K.Pd, sosok teladan Guru Matematika sekaligus Wakasek (Wakil Kepala Sekolah) Kurikulum SMAN 10 Malang Kampus I ini berhasil menyabet gelar Guru Berprestasi Kota Malang terhitung Senin, 22 April 2013 kemarin. Acara rutin yang setiap tahun diadakan Dinas Pendidikan Kota Malang ini mengundang perwakilan guru-guru terbaik di tingkat TK hingga SMA/SMK/MA di Kota Malang.

Dalam meraih gelar Guru Berprestasi Kota Malang, para peserta Pemilihan Guru Berprestasi Kota Malang harus menghadapi beberapa tahap penyaringan. Syarat utama, setiap peserta harus menyerahkan portofolio yang sebagian besar berisi tentang perjalanan dan kiprah beliau selama menjadi guru. Mengajar berbagai macam tipe siswa dan menghadapi banyak liku-liku dalam melaksanakan tugas mulia sebagai pahlawan tanpa tanda jasa tersebut.

Nur-Ali-Akhmad-Guru-Matematika-SMAN-10-Malang

Tahap awal masih dilanjutkan dengan pembuatan sebuah karya tulis ilmiah. Penelitian yang dilakukan oleh Pak Nur Ali tentu saja sejalan dengan mata pelajaran yang beliau ajarkan, Matematika. Judul karya beliau cukup panjang,“ Penggunaan Media Kartu Trigonometri Istimewa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Perbandingan Trigonometri Sudut-sudut Istimewa dan Sudut-sudut yang Berelasi di Kelas X SMAN 10 Malang”. Dalam merampungkan penelitian ini agar menjadi , beliau. Selain portofolio dan karya ilmiah, persyaratan yang perlu dicantumkan dalam seleksi pertama adalah sertifikat-sertifikat prestasi yang mereka miiki.

Tahap berikutnya, diadakan tes tulis berupa psikotes dan tes kompetensi guru. Tes kompetensi guru meliputi Pedagogik, yaitu bagaimana seorang guru mengajar dan bagaimanakah metode-metode pembelajaran yang digunakan. Keprofesionlitasan juga dinilai. Kompetensi pribadi juga tak bisa dianggap remeh. Disinilah, para juri menilai kemampuan sesungguhnya para calon guru berprestasi tersebut. Selain baik dalam hal mengajar di sekolah, seorang guru berprestasi juga harus pandai dalam komunikasi sosial. Membaur dalam masyarakat dan aktif dalam mengikuti beberapa kegiatan sosial di masyarakat.

Saat diwawancarai oleh tim Jurnalis SMAN 10 Malang, Senin (29/04), Pak Nur Ali mengungkapkan perasaan beliau saat mendapat kabar tentang terpilihnya beliau sebagai Guru Berprestasi Kota Malang 2013.

“Tidak ada yang surprise sebenarnya. Hanya saja saya sedikit kaget, bagaimana bisa saya terpilih. Saya memang merasa sama sekali tidak istimewa”, ujar Pak Nur Ali rendah hati.

Sebuah amanah yang besar kini ada di pundak Pak Nur Ali sebagai Guru Berprestasi Kota Malang 2013. Sebab, sebenarnya, Pemilihan Guru Berprestasi di seluruh Kabupaten/Kota merupakan program berjenjang. Itu artinya, Pak Nur Ali akan melaju ke tingkat provinsi menjadi wakil Kota Malang untuk bersaing dengan wakil-wakil dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Kunci utama dalam menjalankan amanah mulia tersebut adalah tetap ikhlas dalam mngerjakan segala sesuatu termasuk dalam mengajar siswa-siswinya.

“Dengan terpilihnya saya menjadi Guru Berprestasi ini, yang terpenting sebagai guru, saya harus selalu meningkatkan kualitas dalam mengajar. Selalu punya inovasi-inovasi yang baru”,terang Pak Nur Ali. (cin)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *