Foto bersama seluruh peserta Dharma Yatra kelas 10-11-12

Malang, Sabtu sd Minggu, 7 sd 8 Desember 2019 sebanyak 13 peserta didik kelas X, XI dan XII melaksanakan kegiatan Dharma Yatra di Pura Patirtan Pasopati, Wagir Kabupaten Malang. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta didik umat Hindu dalam rangka memperingati Hari Sarasvati (Dewi Ilmu Pengetahuan) yang bertujuan untuk memperdalam ilmu agama dan mempelajari sejarah dari Pura Patirtan Pasopati.

Kegiatan hari pertama dimulai dengan sembahyang bersama dan dilanjutkan dengan outbond untuk memupuk rasa kekeluargaan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan bhakti sosial kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Kegiatan dilanjutkan dengan bersih diri dan persiapan untuk melaksanakan sembahyang malam di Pura. Sebelum itu, peserta didik wajib melukat (pembersihan diri dengan Tirta/air suci). Sehabis persembahyangan selesai, peserta didik beristirahat dan persiapan untuk agenda hari ke dua.

Pada hari ke dua, peserta didik melakukan persembahyangan pada pagi hari dengan menggunakan pakaian khas Kamen (laki-laki) & Kebaya (Perempuan). Setelah itu kerja bhakti bersih-bersih di sekitar area Pura Patirtan Pasopati. Siang harinya, Peserta didik umat Hindu persiapan untuk kembali ke asrama. Kesan dan pesan dari salah satu peserta didik yang mengikuti kegiatan ini, I Putu Aditya Brama C.N (XI MIPA 3) menyatakan “Senang, seru, dan juga melelahkan. Tetapi, banyak ilmu dan ajaran yang saya dapat dari Pemangku di sana. Pura ini juga sangat kental akan tradisi dan kesakralannya sehingga harus dapat menjaga etika saat disana.Semoga kedepannya kegiatan keagamaan ini dapat terus dilaksanakan dari tahun ke tahun dan pastinya lebih baik dari sebelumnya”. (by:humas).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *