Hari ini, kembali dilaksanakan seleksi kepada para calon peserta didik baru SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Tentunya, mereka yang datang pada pagi hari ini adalah peserta didik yang telah lolos seleksi tahap III. Seperti biasanya, dilakukan registrasi terlebih dahulu sebelum melanjutkan pelaksanaan seleksi. Pada hari ini, terdapat tiga sekaligus proses yang harus dilalui oleh para calon peserta didik sebelum melanjutkannya esok hari. Yakni, Tes Potensi Akademik (TPA), Focus Group Discussion (FGD), dan Interview.

Pagi hari setelah pelaksanaan registrasi, para calon siswa dibariskan didepan Gedung Laksamana Nala sesuai dengan urutan nomor registrasinya. Satu persatu memasuki Aula dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan tes TPA. Tes TPA ini sendiri terdiri dati tiga jenis pelajaran didalamnya. Yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Setelah pembacaan teknis pelaksanaannya, tes langsung dilaksanakan dengan durasi tepat dua jam.

Nampak berbagai ekspresi dari mereka yang menandakan kesiapannya dalam melaksanakan tes ini. Setelah tes selesai, semua calon peserta didik diarahkan untuk masuk ke ruangan transit sebelum melaksanakan dua tes selanjutnya. Kedua tes ini dilaksanakan secara bersamaan, sehingga ruang transit tidak hanya berfungsi sebagai tempat singgah saja. Tetapi juga untuk memudahkan panitia dalam mengkoordinasikan pelaksanaannya.

Kegiatan Interview peserta didik baru Smantar Nala

Pada kedua tes ini, para calon peserta didik dibagi menjadi kelompok yang mebih kecil dibandingkan pengelompokan pada hari sebelumnya. Hanya sekitar enam orang saja. Untuk yang melaksanakan tes Interview, setiap calon peserta didik akan diwawancarai oleh para penilai selama kurang lebih 10 menit. Meskipun Interview dilaksanakan secara perorangan, dalam pemberangkatannya tetap menjadi satu kelompok. Bagi yang telah selesai melaksanakan Interview dipersilahkan untuk kembali ke ruang transit dan menunggu untuk dipanggil tes berikutnya.

Untuk tes FGD, pelaksanaannya dilakukan secara berkelompok. Setiap calon peserta didik akan dibagi kedalam kelompok tertentu untuk mendiskusikan materi yang telah diberikan. Tidak lain tujuan dari pelaksanaan tes ini adalah untuk melihat seberapa aktif para calon siswa dalam mengikuti pembelajaran. Bukan hanya itu saja, tetapi kemampuan mereka untuk tetap memahami sesuatu hal yang baru dalam kondisi yang sama sekali berbeda. Yaitu, berdiskusi dengan orang yang tidak mereka kenal dan dibawah pengawasan para penilai dalam ruangan tertutup.

Kegiatan selama FGD (Forum Group Discussion) di salah satu kelas

Pelaksanaan kedua tes ini cukup memakan waktu, para calon siswa baru menyelesaikan semua tes ketika matahari sudah mulai terbenam. Semata-mata semua ini dilakukan untuk benar-benar mendapatkan bibit yang baik untuk menjadi penerus perjuangan bangsa. Semoga, mereka tetap semangat untuk ikut melaksanakan tes akhir pada keesokan harinya. Itu akan menjadi tes terakhir mereka di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Kemudian, selebihnya mereka hanya tinggal menunggu hasil pengumumannya. Jangan sampai kehilangan semangat kalian sebelum esok hari berakhir.(/phe)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *