Peresmian Gugus Depan Pramuka Arung Samudera 2018

Praja Muda Karana (Pramuka) adalah salah satu ekstrakurikuler yang diwajibkan oleh pemerintah setelah resminya kurikulum 2013. Tidak terkecuali untuk sekolah kita, SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Karena sekolah ini masih terhitung sebagai sekolah baru, maka dalam kepramukaannya masih belum memiliki nomor gugus depan. Setelah beberapa waktu berselang, akhirnya selesailah kepengurusan untuk gugus depan ini. Hingga akhirnya, dilaksanakan upacara untuk peresmiannya pada hari Kamis, 22 Februari 2018.

Pelaksanaan upacara peresmian Gugus Depan Smantar Nala

Sejak pagi para siswa SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur telah sibuk untuk mempersiapkan diri dalam rangka mengikuti upacara peresmian gugus depan. Tentu, upacara ini tidak hanya berasal dari pihak SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur saja, melainkan turut serta menghadirkan undangan pihak luar.

Upacara ini menghadirkan tim GS (Gita Swara), tim Sempana, tim Choir, sepasang pemangku adat, dan satu perangkat upacara beserta pasukannya. Diiringi dengan penampilan GS, pasukan upacara memasuki lapangan dengan gagah dibawah Kevin Juan A. yang bertindak sebagai Komandan Upacara. Setelah seluruh pasukan memasuki lapangan upacara, anggota tim GS kembali ke posisi persiapan.

Bapak Kepala Sekolah Drs. Tri Suharno, M.Pd sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Smantar Nala

Kondisi lapangan yang baik memungkinkan upacara untuk berjalan dengan lancar. Dengan Inspektur Upacara, Kak Sapto yang menyampaikan amanatnya di depan para siswa SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Persiapan yang dilakukan sebelum pengukuhan juga berjalan dengan lancar. Seperti, tim Sempana yang dengan wibawanya mampu membawa bendera yang akan diserahterimakan kepada pengurus gugus depan. Dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen, pelantikan berupa atribut, serta penyerahan bendera dari Sempana kepada Inspektur Upacara untuk pengurus gugus depan.

Sebagai Inspektur upacara Ketua Ranting Cabang (kaKwaran) Kota Malang

Setelah serangkaian pelantikan dan peresmian gugus depan serta pengurusnya selesai, siswa-siswi SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur memberikan persembahan berupa lagu, yakni lagu himne pramuka. Upacara selesai, pasukan diistirahatkan. Siswa-siswi SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur tetap berada di lapangan upacara. Terdapat rangkaian tambahan yang telah menjadi suatu ciri, yakni pelaksanaan upacara adat. Upacara adat dilaksanakan setelah pemberian ucapan selamat selesai. Dengan pemangku adat yang berperan sebagai Laksamana Nala dan Laksamana Keumalahayati.

Pemangku adat putra diwakili oleh M. Daffa Naufal Taqiy dan putri diwakili oleh Aurelia Jessica Febiola

Seluruh rangkaian upacara selesai dengan ditancapkannya pedang Kadga oleh Laksamana Nala pada sebuah tunas kelapa. Pembubaran pasukan diiringi dengan tampilan dari GS. Dengan ini, resmi sudah gugus depan pramuka SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur dengan kepengurusannya yang telah dilantik. Semoga, dengan resminya gerakan pramuka di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur mampu meningkatkan semangat untuk terus mengembangkannya menjadi lebih baik. (/phe)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *