Hari minggu, tanggal 1 Oktober 2017, pukul 6.30 wib dan bertempat di tepi pantai Ngantep, Malang selatan berlangsung upacara pembaretan terhadap peserta didik kelas 10 Smantar Nala.

Ibu Dra. Ety Prawesti, M. Si Kepala Bidang Pembina SMA Dinas Pendidikan Propinsi Jatim

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Dra. Ety Prawesti, M. Si selaku Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Propinsi Jatim. Berbeda dari tahun kemarin, tempat berlangsung pembaretan kali ini dilaksanakan di pantai Ngantep karena mengusung tema kemaritiman, artinya anak-anak sedini mungkin dikenalkan dengan laut dan aura kelautan sehingga diharapkan akan muncul rasa cintanya pada dunia kebaharian dan kemaritiman.

Dalam amanatnya Ibu Dra. Ety Prawesti, M. Si mengucapkan selamat kepada seluruh peserta didik kelas 10 yang telah menyelesaikan kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kedisiplinan Siswa) tahap demi tahap sejak hari Jumat tanggal 29 September 2017 di Pusat Latihan tempur marinir di Purboyo, dengan baik dan lancar. Kegiatan LDKS ini juga merupakan rangkaian kegiatan masa basis bagi peserta didik kelas 10 selama 3 bulan. LDKS ini juga merupakan ujian fisik dan mental yang selama masa basis ini telah ditempa.

Ibu Ety juga memberikan selamat kepada seluruh peserta didik yang selalu kuat dan semangat selama 3 bulan ini, tinggal di asrama dan jauh dari orang tua, melaksanakan kegiatan sekolah dan asrama dengan semangat dan disiplin tinggi. Tidak menggunakan media komunikasi apapun, dimana hal tersebut sangat sulit dilakukan oleh semua orang masa kini yang tidak bisa “hidup” tanpa Handphone.

Prosesi pembaretan diawali oleh ibu Dra. Ety Prawesti, M. Si

Prosesi pembaretan diawali oleh Ibu Dra. Ety Prawesti, M. Si kepada perwakilan peserta didik putra yang diwakili oleh Faris Abiyyu Ramadhan dan peserta didik putri yang diwakilli oleh Magdalena Terentia Graciani. Usai pembaretan secara simbolis dilanjutkan pemakaian baret secara bersama-sama oleh seluruh peserta seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Prosesi pembaretan oleh seluruh siswa peserta LDKS

Dengan resminya pemakaian baret biru ini, bukan hanya sekedar aksesoris semata, untuk mendapatkan baret ini peserta didik harus berjuang. Baret ini melambangkan kehormatan dan tanggung jawab para peserta didik. Oleh karena itu dengan didapatnya baret biru secara resmi peserta didik benar-benar telah membuktikan dirinya layak untuk disebut sebagai peserta didik Smantar Nala.

Selesai pembaretan, lanjut ke pemasangan Pin LDKS. Dimulai oleh Ibu Dra. Ety Prawesti, M. Si ke perwakilan peserta didik putri yang bernama Annisa Intan Fadila.

PemasanganPin LDKS oleh Ibu Dra. Ety Prawesti, M. Si

PemasanganPin LDKS oleh Bapak Kolonel Laut (S) Gatot Hariyanto selaku Kepala Lapetal (Lembaga Penyedia Tenaga Angkatan Laut)

Usai upacara pembaretan dilakukan sesi foto bersama masing-masing peleton dan pemasangan Pin LDKS yang diawali oleh ketua Bapak Kolonel Laut (S) Gatot Hariyanto, kemudian dilanjutkan oleh Bapak/Ibu guru, pengasuh, mentor pendampingnya.

Hal ini untuk menciptakan ikatan batin peserta didik kelas 10 dengan seluruh warga sekolah. Sehingga semuanya bisa saling asah, asih dan asuh untuk mengembangkan potensi dan diri mereka.

Selain Ibu Dra. Ety Prawesti, M. Si, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Sekolah Smantar Nala Bapak Tri Suharno, M.Pd, Ibu Dra. Anny Saulina selaku Kasi Manajemen PMA, Bapak Kolonel Laut (S) Gatot Hariyanto selaku Kepala Lapetal, Bapak Kolonel Laut (KH) Dr. Bambang Suharjo, S.Si, M.Si selaku supervisor, Dr. Dra. Avianti Saptoani, M.Pd selaku staf ahli, Bapak Drs. Maryono, M.M selaku Koodinator pengasuh, pengasuh, intruktur dan pelatih dari TNI AL, mentor serta Bapak dan Ibu guru dari Smantar Nala Jatim.

Dari kiri adalah Bapak Letkol Drs. Maryono, M.M, Bapak Kolonel Dr. Bambang Suharjo, S.Si, M.Si, Ibu Dra. Ety Prawesti, M. Si, Bapak Kolonel Laut (S) Gatot Hariyanto, Dr. Dra. Avianti Saptoani, M.Pd, Ibu Dra. Anny Saulina dan Bapak Tri Suharno, M.Pd

Diakhir penutupan, dilaksanakan pemberian sembako untuk 72 warga di sekitar pantai Ngantep. Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan perhatian dari warga sekolah Smantar Nala ke masyarakat.

Pemberian sembako ke warga yang tinggal di selatan pantai Ngantep

Selesai acara penutupan dan sarapan pagi, seluruh peserta didik dan warga sekolah bersiap kembali ke sekolah. Sesampainya di gerbang sekolah Smantar Nala, seluruh peserta didik baris per peleton dan disambut oleh kakak kelasnya yang sudah menunggu kedatangan mereka untuk memberikan ucapan selamat telah mengikuti kegiatan LDKS.

Peleton putri yang telah melaksanakan sampai di sekolah

Peleton putra yang telah melaksanakan sampai di sekolah

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi hingga terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan lancar. (By: Humas)

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *