(Rangkuman pelaksanaan hari ke 1)

Menimbang bahwa dalam rangka memperlancar pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi peserta didik baru SMAN Taruna Nala Jawa Timur, disusunlah agenda dan jadwal kegiatan acara ini. Pelaksanaan PLS sendiri dimulai hari Senin, tanggal 17 – 22 Juli 2017.

Hari pertama pelaksanaan PLS berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan di pagi hari secara umum tidak jauh berbeda dengan kegiatan selama PLA, karena peserta didik memang diwajibkan tinggal di asrama. Diawali dengan kegiatan Sholat Subuh berjamaah, senam pagi, bersih diri, apel makan pagi dan sarapan.

Pada pukul 07.00 wib semua peserta didik, Kepala Sekolah, guru dan staf SMAN Taruna Nala melaksanakan upacara hari senin sekaligus pembukaan PLS.

Dokumentasi pelaksanaan upacara Hari Senin, 17 Juli 2017

Dalam sesi amanat pembina upacara, Bapak Kepala Sekolah menyampaikan tentang pentingnya pelaksanaan PLS, memberikan semangat kepada semua peserta didik untuk lebih aktif dan giat di awal Tahun Pelajaran baru ini. Di kesempatan ini juga diperkenalkan guru-guru yang baru bergabung dengan SMAN Taruna Nala kepada seluruh peserta didik, yang sebelumnya sudah dikenalkan di hadapan seluruh orang tua peserta didik baru.

Selanjutnya dilakukan sesi simbolis pembukaan PLS dengan menggunting pita dan memberikan kartu tanda peserta PLS ke perwakilan peserta didik baru.

Dokumentasi dengan memberikan kartu peserta PLS.

Dilanjutkan dengan sesi Halal Bihalal oleh seluruh warga sekolah.

Dokumentasi pelaksanaan Halal Bihalal oleh seluruh warga sekolah.

Setelah secara resmi PLS dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah, acara inti dilanjutkan di Hall Mercusuar.

Dokumentasi pemberian materi Visi, Misi dan sejarah Smantar Nala oleh Bp. Tri Suharno, M.Pd

Acara lanjut ke materi tentang Kurikulum yang akan dijalani peserta didik selama menjalani pendidikan di SMAN Taruna Nala Jatim oleh Bu Novika Fajarini. Seperti yang sudah diketahui bahwa untuk kurikulum Smantar Nala menggunakan kurikulum 13 dan kurikulum khusus Bela negara dan kemaritiman, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi berganti ke kesiswaan oleh Bu. Anita Nur K., dimana fokus topik kali ini adalah prosedur proposal dan pembuatan laporan.  Untuk informasi bahwa standar operasional prosedur, peserta didik memang diwajibkan untuk selalu membuat proposal apabila akan mengadakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan sekolah maupun akan mengikuti lomba, dan bertanggung jawab untuk melaporkannya dalam bentuk laporan kegiatan.

Dokumentasi pemberian materi PHBS.

Menjelang siang dilanjutkan ke materi Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) dengan nara sumber dari tim kesehatan/Klinik sekolah.  Diharapkan dengan pembekalan materi ini para peserta didik baru khususnya bisa lebih peduli mengenai kesehatan diri sendiri dan lingkungannya.

Dokumentasi penyampaian materi 7 Habits.

Setelah ishoma materi inti penutup disampaikan oleh Bu Izza Nur selaku guru BK. Kali ini topiknya mengenai 7 habits, berisi tuntunan 7 kebiasaan efektif bagi remaja pada umumnya. Sore harinya dilanjutkan oleh tim paduan suara Smantar Nala, refleksi dan evaluasi. Salam dan semangat untuk PLS esok hari.

(By: PLS Committee).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *