SMANTAR NALA – Sabtu (18/2) merupakan hari yang berkesan bagi guru dan tenaga pendidik (tendik) SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Pasalnya, seluruh guru dan tendik SMANTAR (sebutan untuk SMA Negeri Taruna Jawa Timur) akan mengikuti kegiatan outbound yang bertempat di Applesun, Kaliwatu, Kota Batu. Dengan tema “Kebersamaan untuk Menyatukan Tujuan”, seluruh peserta outbound mempunyai harapan yang besar untuk menjadikan SMANTAR NALA menjadi sekolah yang terbaik. Jargon outbound SMANTAR NALA “Kita kompak, Kita Kuat, Kita Sukses Bersama” berkali-kali terdengar selama kegiatan berlangsung. Riuh dan gemuruhnya mengambarkan semangat  yang besar dari para peserta outbound.

Kegiatan outbound SMANTAR NALA dimulai dengan perkenalan dari tim pemateri outbound Bapak Adi dan sambutan oleh Bapak Tri Suharno selaku Kepala Sekolah SMANTAR NALA. Tim pemateri outbound dipersiapkan untuk memberikan arahan tentang kegiatan  yang akan dilaksanakan dan selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan dilanjutkan dengan rafting. Peserta dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok. Kegiatan rafting adalah kegiatan paling ditunggu oleh hampir semua peserta dan dihadapi dengan rasa yang berbeda-beda. Ada yang sangat senang, ada yang biasa saja karena sudah pernah mengikuti kegiatan rafting dan adapula yang ketakutan karena tidak bisa berenang. Tapi tenang, kegiatan ini sangat aman. Bagi yang ahli berenang maupun yang tidak bisa berenang seklaipun. Dan tentu saja kegiatan satu ini ditangani secara langsung oleh orang-orang yang memang profesional dibidangnya.

Kegiatan tidak berhenti sampai dengan rafting saja. Setelah ishoma, peserta outbound masih disuguhi dengan Fun Games.  Kegiatan ini tentu saja membuat peserta semakin riuh. Banyak nilai yang dapat diambil oleh masing-masing peserta mulai dari kekompakan, sportifitas, konsentrasi, manajemen diri sampai dengan pengorganisasian kelompok. Funs Games berakhir, masih dilajutkan lagi dengan penandatangan ‘pakta’ kekompakan guru dan tendik SMANTAR NALA untuk membawa SMANTAR NALA menuju sekolah terbaik. Tanda tangan pertama dibubuhkan oleh Bapak Kepala Sekolah kemudian dilanjutkan dengan Wakil Kepala Sekolah, guru dan tendik.

Adapun tujuan dari rangkaian pelaksanaan kegiatan outbound SMANTAR NALA adalah melepaskan penat dan kejenuhan selama bekerja serta memperkuat silaturahmi antara guru dan tendik yang ada di lingkungan SMANTAR NALA. Manfaat lainnya antara lain meningkatkan komunikasi yang baik antara warga sekolah, mendapatkan pengalaman manajemen dan organisasi,  lebih mengenal lingkungan, serta membangun kepercayaan diri masing-masing peserta outbound. Semoga dengan diadakannya kegiatan outbound ini membuat warga sekolah semakin bersemangat dalam menjalankan tugasnya dan SMANTAR NALA semakin JAYA.

(ESP/SMANTAR NALA/Feb2017).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *