Tahun Ajaran 2015/2016

Menghadapi tahun ajaran baru 2015/2016, pengenalan kehidupan dan lingkungan sekolah umumnya diadakan agar peserta didik baru dapat lebih mengenal dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Disamping itu, pengenalan kehidupan dan lingkungan sekolah juga memberikan penenalan mengenai berbagai peraturan, ketentuan, nilai dan norma yang berlaku di sekolah.

Berdasarkan hal tersebut, SMAN 10 Malang Leadership Academy mengadakan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) yang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun, ditujukan kepada peserta didik baru tahun ajaran 2015/2016. Kegiatan ini diadakan untuk memberikan pendidikan awal terhadap peserta didik baru SMAN 10 Malang Leadership Academy agar peserta didik baru lebih mengenal kehidupan dan lingkungan sekolah.

1

HariΒ 1:Β Upacara Pembukaan dan Persiapan Menuju Mercusuar

Masa Orientasi Peserta Didik Baru dimulai pada tanggal 27 Juli 2015. Acara dibuka dengan senam di pagi hari dan dilanjutkan dengan bersih diri. Pada pukul 06.30 peserta MOPDB turun ke lapangan hijau untuk mengikuti upacara bendera dan pembukaan MOPDB yang dipembinai oleh Ibu Niken Asih Santjojo selaku Pelaksana Harian SMAN 10 Malang. Beliau menggantikan Bapak Tri Suharno selaku Kepala Sekolah SMAN 10 Malang dikarenakan berhalangan hadir. Pelepasan balon ke udara oleh Ibu Niken menandakan MOPDB telah dibuka. Kegiatan dilanjutkan dengan halal bihalal oleh seluruh guru, siswa dan para alumni yang berketepatan hadir.

2

Hari 2: Materi tentang Patriotisme dan Berkumpul dengan Masing – Masing Kelompok

Setelah itu peserta MOPDB dibawa menuju Mercusuar untuk menerima materi 9 Core Values dari para alumni. Siswa terlihat sangat antusias saat mengikuti acara MOPDB yang dilaksanakan oleh SMAN 10 Malang Leadership Academy. Kegiatan demi kegiatanpun silih berganti. Sebelum hari pertama ditutup, adik-adiknya berlatih Mars SMAN 10 Malang dan lagu Proud of You dengan anggota choir. Kegiatan itu dilakukan dengan maksud agar siswa baru lebih mengenal dan mencintai SMAN 10 Malang Leadership Academy dan lagu tersebut akan ditampilkan pada penutupan MOPB hari Jumat. MOPDB hari pertama selesai pada pukul 15.00.

3

Hari 3: Games Collegiality dan PBB

 

Hari-hari selanjutnya kegiatan semakin padat dan ada beberapa kendala namun itu semua dapat dihadapi oleh panitia dengan baik. Tak terasa 5 hari sudah MOPDB telah dilaksanakan. Hari Jumat adalah hari yang sangat menegangkan untuk adik-adik kelas 10 karena mereka akan mengetahui house yang akan menaungi mereka selama 3 tahun hidup di sekolah dan asrama. Kegiatan pada hari Jumat selesai lebih cepat dari hari sebelumnya karena akan ada acara pada malam harinya yaitu renungan oleh alumni dan perwakilan kelas 12 yang diwakili oleh Regia Puspita, Syahrul Findi, Annafiatur Regatra dengan pembina Drs. Sudibyo. Lalu setelah renungan, siswa kelas 10 menuliskan keinginan dan harapan (mimpi kecil) mereka pada kertas. Setelah mereka memasukkan kertas harapan mereka ke dalam kapsul, mereka dipimpin oleh panitia untuk menuju ke bonfire.

4

Hari 4: Makan Siang dan Persiapan Shalat Dhuhur

 

Setelah sampai ke bonfire, siswa kelas 10 berbaris sesuai house masing-masing dan tiap perwakilan house yang membacakan fire pledge berbaris di depan mengelilingi api unggun dan memimpin pembacaan fire pledgeyang akan ditirukan oleh seluruh siswa kelas 10. Kemudian siswa kelas 10 menuliskan ketakutan mereka selama ini di atas triplek lalu di patahkan dan dilempar ke dalam kobaran api unggun yang membara. Setelah itu semua melingkar dengan bergandengan tangan dan menyanyikan lagu Proud of You dan Mars SMAN 10 Malang.

5

Hari 5: Membuat Yel – Yel House dan Bonfire

Kemudian diteruskan dengan gather house 3 angkatan selama 30 menit dan pengumuman pembagian kamar yang fixed oleh house senate. Lalu mereka kembali ke asrama dan beristirahat. Demikian 5 hari sudah pelaksanaan MOS Kampus 2 SMA Negeri 10 Leadership Academy. Sukses untuk kegiatan MOS 2016 tahun depan. (By: Anjar dan Rahma).

By admin