Ajang debate competition yang diadakan oleh LP3I Malang ini berlangsung pada tanggal 21 dan 22 Maret 2010. Sekolah kami mengirimkan 1 tim debat yang terdiri dari 3 orang yang terdiri dari Lailatunnazhifah kelas X-1, Satrio Riyadi Putranto kelas X-3, dan Rizky Nur Zairina kelas X-5.

Pada pertandingan pertama pada tanggal 20 Maret 2010, tim debat kami harus menghadapi tim debat dari SMA 1 Kepanjen. Kebetulan kami mendapat giliran pukul 10.30 jadi pada pagi harinya kami masih punya waktu untuk sedikit persiapan. Meskipun begitu, kami harus berjuang untuk bisa sampai ke tempat lomba. Kami harus jalan kaki dari asrama sampai ke tempat angkot. Motion yang kami dapat yaitu tentang Organization and leadership. Dalam pertandingan pertama kami bertindak sebagai tim affirmative dan Alhamdulillah kami berhasil mengalahkan lawan kami dengan poin 2335 sedangkan lawan kami menadapat poin 2277. Oleh karena itu, kami harus bertanding lagi keesokan harinya untuk babak semifinal.

Pada babak semifinal, kami harus melawan tim debat SMK 1 Kepanjen. Motion yang kami dapat yaitu tentang barang-barang impor dapat menghancurkan produk lokal. Dan pada pertandingan semi final ini, kami bertindak sebagai negative team. Cukup sulit melawan SMK 1 Kepanjen karena mereka memiliki skill debat yang bagus. Tetapi kami hanya bisa bersikap optimis dan sekali lagi Alhamdulillah kami berhasil mengalahkan lawan kami setelah berdebat dengan sengit di babak Cross Fire.

Final pun berlangsung, pertandingan semakin seru antara sekolah kami melawan SMK 4 Malang. Motion yang dipakai yaitu tentang pentingnya karier daripada tittle. Sekali lagi kami bertindak sebagai negative team. Mereka memberi parameter tentang Vocational School dimana parameter tersebut cukup menguntungkan mereka. Tapi kami tidak peduli. Kami hanya bisa berusaha memberikan yang terbaik. Skill debat yang dimiliki lawan sangat bagus. Mereka terlihat sangat terlatih dan well prepared sedangkan kami hanya bisa latihan masing-masing tanpa bantuan trainer.

Setelah menunggu lama, akhirnya pemenang debate competition pun diumumkan daaaaaan…. sekolah kami berhasil menyabet JUARA 2. Alhamdulillah walaupun bukan sebagai yang pertama tapi kami telah menunjukkan bahwa dengan tanpa bantuan trainer sekolah kami berhasil menjadi juara ke-2.

Reported by

Rio

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *