Ashoka Indonesia

(Pengabdian untuk Masyarakat)

Rabu, 7 Desember 2011 Ashoka Indonesia kembali mencari perekrutan tim baru. Ashoka merupakan sebuah lembaga yang mencari bibit-bibit baru pemuda pemberi perubahan di seluruh dunia. Di Indonesia, Ashoka ini berpusat di Jl.Durma No.17 Turangga Bandung.Lembaga ini bergerak di berbagai bidang sosial seperti pemberdayaan manusia, lingkungan, ekonomi, budaya ataupun politik. SMAN 10 Malang pun turut mengirimkan salah satu anak didiknya. Pasoari Widiastuti berhasil lolos ke tahap Nasional sebagai satu diantara 32 calon panelist Nasional.

Menbutuhkan tahap yang panjang hingga sampai ke tahap Nasional. Seleksi dimulai dari pengisian aplikasi secara online, pengumpulan data-data aktivitas, melengkapi empat macam tulkit, interview via telepon, hinggga interview secara langsung dari pihak Ashoka Indonesia yang berdomosili di Jawa Timur. Tahap panel Nasional ini tersebar di 3 titik di Indonesia, yaitu Surabaya, Bandung, dan Jakarta. Untuk panelist region Surabaya ini terdapat 7 panelist, dan saya sebagai panelist termuda yang masih SMA. Sedangkan 6 yang lainnya berasal dari berbagai universitas ternama di Indonesia seperti UNAIR dan UGM. Panel ini diselenggarakan di Universitas Ciputra, Grand Cityland, Surabaya.

 Pada awalnya saya sempat pesimis karena sempat membandingkan dengan para panelist yang lain. Namun, atas izin Allah SWT akhirnya saya dan tim saya mendapat pengumuman bahwa kami lolos sebagai Tim baru Ashoka Indonesia. Dengan demikian, kami dapat memberikan konstribusi lebih banyak lagi dari dukungan, masukan-masukan dan kerjasama para anggota Ashoka Indonesia yang lain. Semoga kami bisa menjadi inovator, inspirator,dan motivator untuk para pemuda yang lain, dalam rangka mengabdi untuk negeri dan memberikan perubahan suatu hari nanti. Amin.

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri dapat berpartisipasi aktif dalam ajang ini. Pastinya banyak sekali pengalaman baru yang saya dapatkan. Isu global yang saya angkat ini adalah tentang lingkungan dengan di bawah naungan GEC (Gren Earth Community). Ketertarikan saya dibidang lingkungan sekali lagi dapat membawa saya untuk memberikan konstribusi lebih sebagai seorang pemuda yang terus aktif berkarya. Motto “Learn Today, Lead Tomorrow” yang terus mengakar dalam jiwa, harus selalu di aplikasikan dalam berbagai kegiatan yang mempu mendukung untuk mewujudkan harapan tersebut.(Paw)

By admin