WASEDA University,One More to Choose

One other step to go to our future. Apabila sebelumnya siswa SMA Negeri 10 Malang (Sampoerna Academy) mendapat sosialisasi mengenai universitas di Amerika, kali ini dari Negeri di Asia, yaitu Jepang.Negeri Sakura ini menawarkan satu dari top three university-nya, “Waseda University”. Jumat, 20 Januari 2012, bersama seorang rekan dan seorang alumni Waseda University dari Indonesia, Mr. Shintaro Tanaka selakuVice Admission Manajer mengenalkan School of Liberal Studies” atau yang biasa disebut SILS.

Bertempat di perpustakaan SMA Negeri 10 Malang (Sampoerna Academy), lebih dari tiga puluh siswakelas sebelas dan dua belas menyimak setiap informasi yang disampaikan oleh Tanaka dan rekan-rekannya.Mereka rela meluangkan waktu belajar mereka selama dua jam demi mendapatkan informasi yang merekabutuhkan untuk memilih tempat yang akan mereka tuju selanjutnya.

SILS ini merupakan program undergraduate untuk kelas internasional yang tiga puluh persenmahasiswanya berasal dari lebih dari lima puluh Negara di luar Jepang. Program ini cukup menarik bagimahasiswa yang masih belum menentukan bahkan belum tahu tujuan dari minat kuliah mereka. Karenamelalui SILS, mereka bisa mengikuti semua mata kuliah yang tersedia, kemudian memilih bidang yang dirasacocok dengan meninggalkan yang lainnya.

Pendidikan SILS ditempuh selama empat tahun. Tahun pertama dan kedua merupakan tahappendidikan dasar dan pendidikan berbahasa, tahun ketiga untuk pendidikan lanjutan di Waseda maupun di luar negeri dan tahun keempat dilanjutkan dengan spesialisasi terhadap bidang atau jurusan yang dipilihnya.Di tahun terakhir ini, para mahasiswa melakukan In-depth Research hingga menempuh tahap kelulusan danbekerja. SILS memberi kesempatan bagi mahasiswanya untuk lebih mengenal budaya dan bahasa yang berbedatanpa membutuhkan apa-apa kecuali open mindset atau berpikiran terbuka. Selain karena lingkungan belajar yang tidak mengikat, juga karena lingkungan asrama yang sangat memungkinkan bagi mahasiswa dariberbagai negara berbeda untuk bersosialisasi setiap saat.

Kenang-Kenangan-dari-Waseda-University

Disamping SILS, Waseda University menyediakan dua jurusan dasar yaitu Science and Engineering danArt and Humanities. Science and Engineering terbagi dalam tiga jurusan penting, diantaranya School of Fundamental Science and Engineering, School of Creative Science and Engineering danSchool of Advanced Science and Engineering, yang masing-masing memiliki spesifikasinya sendiri. Sedangkan Social Science, Social and Political Science, dan Social and Economics Science tergabung dalam Art and Humanities.

Selain program-program pendidikannya, ada satu program lain yang menjadi pertimbangan besarpeminat, yakni beasiswa. Khusus untuk mahasiswa internasional (yang berasal dari luar Jepang), Waseda University menyediakan beasiswa pendidikan hingga delapan puluh persen. Seperti halnya Mr. Anton Suharyo yang hadir saat itu. Alumni Waseda University dari Jakarta ini merupakan satu-satunya penerima beasiswa SILS dari Indonesia pada tahunnya. Di akhir pertemuan, Anton berbagi pengalamannya mulai dari proses pendaftaran hingga diterima dan menempa pendidikan di Negeri Matahari Terbit yang gagah itu. Penuturan Anton mampu menguatkan semangat siswa SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) untuk melanjutkanpendakian ketingkat kesuksesan yang lebih tinggi. (al)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *