STATION 2013

Empat perwakilan SMAN 10 Malang, Afif Pandu Abdala (XI IPA 6), Dyah Prabaningrum (XI IPA 5), Mohamad Wildanus Solihin (XI IPA 4), dan Sidiq Amin (XI IPA 5) mengikuti Olimpiade Statistika β€œStation 2013” yang diadakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Acara ini dibagi menjadi 3 babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan 27 Januari 2013 diadakan di masing-masing region. Untuk region Malang bertempat di MAN 3 Malang. Di babak ini, peserta mengerjakan 100 soal pilihan ganda. Dari region Malang diambil 8 tim untuk mengikuti babak semifinal di ITS, salah satunya adalah tim Wildanus dan Dyah yang menempati peringkat 3. Sedangkan tim Afif dan Sidiq duduk di peringkat 9.

Dalam mengikuti babak semifinal, peserta diminta juga mengikuti lomba minimading. Sehingga harus membuat minimading dengan ukuran 50 cm x 50 cm dari barang bekas. Babak semifinal 9 Februari 2013 diadakan di Gedung Pasca Sarjana ITS Sukolilo, Surabaya. Peserta diminta hadir untuk check in di asrama haji Sukolilo (AHS) pada 17.00, 8 Februari 2013. Satu tim dari SMAN 10 Malang dengan Bapak Wahiddin, S.Pd sebagai pendamping dan diantar oleh Bapak Gunawan dengan mobil Travello, tiba dan check in pada pukul 18.30. Mereka lalu menginap di sana selama dua malam dengan fasilitas dari panitia.

Juara-1-STATION-ITS-2013
Sabtu pagi, 117 tim semifinalis diangkut ke ITS dari AHS menggunakan bus. Babak semifinal terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama, dengan soal uraian, dimulai pada pukul 08.00 hingga 10.30. Tahap kedua, semifinalis mengerjakan soal analisis data pukul 13.00 hingga 15.00. Kesepuluh tim yang lolos ke babak final diumumkan pada pukul 16.15 dan tim dari SMAN 10 Malang menempati peringkat keempat. Sehingga mengikuti briefing sebelum kembali ke asrama haji.

Babak final diselenggarakan pada 10 Februari 2013 di ruang yang sama seperti babak semifinal. Penilaian dalam babak final ini terdiri dari 2 bagian, yaitu tertulis dan presentasi. Panitia menyediakan satu laptop dan satu flashdisk untuk mengerjakan satu soal open ended di Microsoft Word di sembilan puluh menit pertama, pukul 08.30 hingga 10.00. Satu jam berikutnya digunakan untuk membuat file presentasi di Microsoft Powerpoint hingga pukul 11.00. Sesi berikutnya adalah presentasi, di mana satu orang perwakilan dari masing-masing tim mengambil nomor urut. Tim SMAN 10 Malang menampilkan presentasinya pada urutan ke 8. Selama menanti giliran, seluruh peserta diisolasi di suatu ruangan. Seluruh rangkaian acara selesai pada pukul 17.30 dengan hasil SMAN 10 Malang mendapat juara 1 dan predikat sebagai presenter terbaik. Penghargaan yang didapat berupa trophy, uang tunai, free pass jurusan Statistika ITS, medali, maskot, dan vendel.

Setelah acara selesai, tim SMAN 10 Malang pulang dengan mobil travel yang menjemput di masjid dalam kompleks ITS.Β (dyah)

By admin