Berkarya dan Berbagi di Ajang

Indonesian Science Project Olympiad ISPO

 

Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) merupakan sebuah ajang nasional yang diadakan oleh Pasiad dan Diknas untuk para siswa SMP dan SMA menampilkan ide-ide kreatif mereka dalam sebuah proyek penelitian. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaring ilmuwan-ilmuwan muda yang berbakat untuk bersama-sama dengan negara lain melakukan penelitian dan mencari solusi menghadapi krisis dunia. Kali ini SMA Negeri 10 Malang mengirim 4 tim delegasi ke ajang ISPO. Mereka adalah Galih Ramadhana Suwito dan Anistia Malinda Hidayat dengan karyanya yang berjudul Riparian`s Green Armor, Cinta Wahyu A.I.S dan Tri Efi dengan karyanya yang berjudul Fotobioreaktor Sebagai Media Kultur Algae untuk Mereduksi Gas CO2 pada Kendaraan Umum, Danny Maulana dan Diah Ayu dengan karyanya berjudul Polisy (Trampoline System) a Better Verticulture of Life, dan Edwin Luthfi Saputra dan Stevanny dengan karyanya berjudul Interconnected Reactor, a Multifunction Minerals Producer from Zero by Zero.

Senin, 24 Februari 2013, rombongan dari SMAN 10 Malang berangkat dari Malang menuju Jakarta. Ajang ISPO ini dilaksanakan pada tanggal 26, 27, dan 28 Februari 2013. Pada tanggal 26 dan 27 acara berupa pameran, penilaian presentasi, dan kunjungan ke gedung DPR, sedangkan pada tanggal 28 acara berupa penghargaan di Gedung Sasono Budoyo. Pameran berlangsung sangat meriah. Terdapat banyak pengunjung dari seluruh penjuru untuk melihat stand-stand pameran karya siswa dan siswi Indonesia. Prosesi presentasi yang baru diadakan pada tahun ini berlangsung menegangkan. Namun, siswa-siswi SMAN 10 Malang berhasil melewati pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan oleh tim juri.

Edwin-Luthfi-dan-Stevanny..

“Acara ini membawa pengalaman dan manfaat yang besar. Disana kami dapat saling berbagi antara satu dengan lainnya, begitu juga dengan penambahan wawasan dengan kunjungan ke gedung DPR dan Taman Mini Indonesia.” seperti yang diucapkan oleh Galih, salah seorang finalis ISPO 2013.

Acara diakhiri dengan pengumuman penghargaan dan delegasi Indonesia di ajang Internasional. Medali Silver berhasil diraih oleh Edwin bersama Stevanny dalam bidang teknologi dengan karyanya Interconnected Reactordan dengan demikian mendapat tiket untuk menjadi delegasi Indonesia dalam ajang GENIUS Olympiad di USA, New York.

Dengan demikian maka acara telah berakhir. Rombongan SMAN 10 Malang kembali ke Kota Malang pada tanggal 2 Maret 2013. “Semoga hal ini dapat menjadi pemicu bagi kami dan semua untuk dapat terus berkarya dan berbagi dengan sesama dan masyarakat” seperti yang diucapkan oleh Edwin setelah sampai di Kota Malang.(edwin – stevanny)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *