National Olympiad of Chemical Engineering ITS 2013

Orange crème de la crème! Itulah semboyan yang tergaung jelas di Ruang O 107 Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Kata-kata yang berarti :”yang terbaik diantara yang terbaik”, mengilhami dua tim dari SMA Negeri 10 Malang untuk berjuang meraih yang terbaik dalam Kompetisi Teknik Kimia untuk pelajar SMA sederajat tingkat Nasional ini.

Kedua tim yang terdiri dari Alifaldo Daffa Darmawan (XII IPA 3), Dwi Novanda Sari (XII IPA 4), serta Riskiya Rahmawati (XII IPA 5). Sedangkan di tim 2 ada Siti Nurul F.S. (XII IPA 4), Novitasari Eka S. (XII IPA 4), dan Achmad Januar Er Putra (XI IPA 4).

Serangkaian acara NOPeC 2013 dimulai pada hari Jum’at, 1 Maret 2013. Kedua tim berangkat dari Kampus 2 SMAN 10 Malang menuju Asrama Haji Sukolilo sebagai tempat menginap bagi selauruh peserta. Kedua tim ini lolos menuju babak semifinal yang merupakan 20 tim terbaik secara nasional. Setelah ibadah Sholat Jumat, diadakan technical meeting di Jurusan Teknik Kimia ITS.

Foto-1

Keesokan harinya, merupakan seleksi peserta yang akan lolos menuju babak final. Seleksi ini berupa rally laboratorium dengan mengerjakan soal-soal di tiap-tiap laboratorium yang ada. Kelima laboratorium tersebut antara lain Laboratorium Pengendalian Proses, Laboratorium Kimia Proses, Laboratorium Biomassa, Laboratorium Mikrobiologi, dan Laboratorium Kimia Analitik.

Seleksi final ini nantinya akan mengambil lima tim terbaik. Sembari menanti pengumuman, panitia menyediakan acara-acara hiburan. Kami berenam cukup terhibur dengan permainan yang diberikan oleh panitia.

Pukul 16.00, diadakan pengumuman tim yang lolos ke babak final. Tim ini merupakan 5 tim terbaik. SMAN 10 Malang berhasil mengirimkan satu timnya, yaiut tim 2 untuk melaju ke babak final keesokan harinya. Sayangnya, tim 1 harus puas dengan posisi nyaris lolos ke babak final, yaitu di peringkat 6.

Foto-2

Pada babak final, tim 2 diberi tugas untuk melakukan praktikum tentang Iodometri. Selain itu, tim 2 SMAN 10 Malang juga diberi tugas untuk melakukan presentasi tentang industri minyak atsiri berbahan dasar daun nilam. Menurut tim 2, sebenarnya kami mampu untuk mengerjakan semuanya, tetapi faktor keberuntungan dan analisa praktikum lah yang paling menentukan dalam perolehan tiga tim terbaik.

Malam harinya, diadakan gala dinner dan pengumuman pemenang. Sayangnya, nama SMAN 10 Malang tidak disebutkan pada peraih tiga besar tim terbaik. Kami pun harus puas dengan menjadi predikat Finalis Nasional NOPeC 2013 dan pulang kembali ke Malang dengan membawa piagam, uang pembinaan, serta pengalaman tak terlupakan pastinya. Seperti semboyan Teknik Kimia ITS, Orange crème de la crème! Yang terbaik diantara yang terbaik!

By admin