Diesnatalis Smandasa

HUT-SMANDASA-KE-14-TAHUN-2013.

Suka cita tergambar dari mimik wajah siswa SMAN 10 Malang. Pasalnya mereka tengah merayakan Hari Jadi ke-14 SMAN 10 Malang yang diadakan di SMAN 10 kampus I Sawojajar (19/10). Tema dari perayaan HUT SMANDASA yang ke-14 ini sangat berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Tema yang diambil adalahOur Nation In Our Hands, yang mempunyai makna persatuan berada di tangan kita sendiri. Alasan tema tersebut diambil dengan tujuan untuk mengingatkan bahwa keberhasilan bangsa ada di tangan kita. Pembukaan perayaan HUT SMANDASA ditandai dengan pelepasan balon. Setelah itu dilanjutkan dengan gerak jalan mengelilingi daerah Sawojajar. Namun gerak jalan ini tidak hanya gerak jalan pada umumnya, setiap house harus menggunakan properti yang merupakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) ataupun baju adat dari suku-suku di Indonesia yang telah ditentukan. Tidak hanya itu mereka juga menampilkan yel-yel yang dilombakan. Dengan rute gerak jalan yang lumayan melelahkan, tak lantas menciutkan semangat siswa SMAN 10 Malang.

Pawai-Karnaval

Setelah kegiatan dilanjutkan dengan tasyakuran dengan memanjatkan doa agar SMAN 10 Malang semakin sukses, jaya dan semakin maju dengan prestasi-prestasi yang membanggakan. Kemudian dilakukan pembagian¬†doorprize¬†dan lomba-lomba yang antar¬†house¬†yang memeriahkan HUT SMANDASA kali ini. Lomba itu diantaranya masak besar, makan besar, musikalisasi puisi, drama,¬†storry telling¬†dan juga pidato 3 bahasa. Lomba-lomba ini juga mengambil tema tersendiri yaitu ‚ÄĚPerjuangan Remaja‚ÄĚ dengan tujuan memotivasi remaja untuk berjuang terhadap negaranya.

Lomba-Masak

Terdapat banyak hal-hal menarik dari lomba-lomba tersebut diantaranya masak besar dan makan besar, para peserta lomba diberi waktu 150 menit untuk memasak makanan dengan bahan dasar mie, dan kriterianya harus 4 sehat 5 sempurna. Masing-masing house memiliki varian masakan yang berbeda-beda Rasa masakan mereka dibuktikan dengan lomba makan besar. Peserta makan besar diberi 9 piring dari masing-masinghouse mengaku kewalahan dengan rasa masakan dari masing-masing house ada yang keasinan, kemanisan, terlalu pedas dan lain-lain. Hal tersebut dapat dilihat dari raut wajah peserta makan besar. Selain lomba masak dan makan besar, hal menarik juga ada di lomba drama yang juga mengambil tema perjuangan remaja. Masing-masing house menampilkan drama terbaik mereka. Ketika salah satu house menampilkan drama mereka, salah satu juri yaitu Bu Faridah merasa terharu dengan cerita drama tersebut.

Perform-L-to-L-Fashion

Setelah lomba-lomba selesai dilaksanakan, terdapat penampilan-penampilan yang menarik. Terdapat penampilan dari kelas 10 (angkatan 15) yang mempersembahkan lagu Sahabat yang populerkan oleh salah satu grup band Indonesia yaitu Sheila On 7. Kemudian penampilan-penampilan dari L to L paduan suara,traditional dance, dan¬†modern dance. Dan ada juga 3 penampilan yang baru yaitu SHS 48. SHS 48 ini perwujudan dari aspirasi fans JKT 48 dari siswa SMAN 10 Malang. Tak kalah menariknya ada¬†Guest Star‚ÄúTimeline‚ÄĚ yang mempersembahkan lagu-lagu terbaiknya. ¬†Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran¬†emovestterbaik dari kakak-kakak kelas 12,¬†emovest¬†sendiri adalah lomba film-film pendek untuk kelas 11 yang diadakan beberapa bulan lalu. Dan acara ditutup oleh Ibu Endang selaku¬†Head of Student Service.(aly)

By admin