IKYEP

(10/11) Program Pertukaran Pemuda Indonesia Korea (IKYEP) merupakan pertukaran pelajar yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia dan Korea Selatan. Di setiap tahunnya pemerintah Indonesia mengirim sejumlah pemuda Indonesia untuk mengikuti program IKYEP (Indonesia-Korea Youth Exchange Program). Dalam program ini para pemuda Indonesia merajut jalinan persahabatan dengan meningkatkan rasa persaudaraan sehingga terbentuk dua bangsa yang saling menghormati dan menghargai. Disamping itu, melalui program ini para pemuda juga mempromosikan budaya Indonesia melalui Cultural Performance yang ditampilkan di negara tujuan.Program ini sudah dilaksanakan sejak 6 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2010.

Pertukaran Pelajar Indonesia - Korea SelatanPertukaran Pemuda Indonesia-Korea (IKYEP) berkunjung di SMAN 10 Malang (Leadership Academy). Dengan membawa rombongan sejumlah pemuda Korea-Indonesia. Kegiatan ini disambut meriah oleh seluruh pihak dari SMAN 10 Malang (Leadership Academy). Kegiatan ini tak hanya memperkenalkan program IKYEP dikalangan remaja. Namun, juga untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan Korea. Siswa-siswi SMAN 10 Malang (Leadership Academy) juga turut memeriahkan acara ini dengan menampilkan berbagai pertunjukan, diantaranya tari tradisional Tunduk Menur yang dibawakan oleh Ratih Nurmalita (X1 MIPA A3) dan musikalisasi puisi oleh beberapa siswa yang telah memenangkan juara pertama pada lomba Pekan Seni Pelajar tingkat Kota Malang. Penampilan ini dibawakan oleh lima siswa diantaranya, Giacinta Ariani (X MIPA I1), Ratih Nurmalita (XI MIPA A3), Nadif Muhamad Ihffat (XI MIPA A3), Ruth Stella (XI MIPA A3), Aisha Nur Safira Putr i(XI E3). Begitu juga Adina dan Rizqila berduet menyanyikan lagu dengan apik.

Tak kalah, putra-putri delegasi pemuda Korea juga menampilkan beberapa pertunjukkan tradisional khas daerahnuya setempat. Penampilan itu diantaranya, Taekwondo dikolaborasikan dengan dance, dance K-POP salah satunya dance gangnam style yang sempat booming dikalangan remaja, fashion show dengan pakaian tradisional Korea (hanbook), dan terakhir paduan suara lagu tradisional Korea yang diiringgi seruling. Disamping itu, para delegasi Indonesia juga bersemangat menyemarakkan acara siang itu. Perwakilan Indonesia menunjukkan pakaian adat beberapa daerah dari seluruh Indonesia serta menampilkan tarian tradisional Indonesia.

Puncak acara sangat berkesan karena seluruh putra-putri delegasi Indonesia-Korea menyanyikan lagu Mars IKYEP. Para siswa sangat antusias mengikuti alunan lagu tersebut. Usai bersorak sorai, para peserta asyik berfoto dengan para delegasi, terutama pemuda Korea yang ternyata sangat diminati oleh para siswa/siswi SMAN 10 Malang (Leadership Academy). Akhir acara ditutup dengan putaran lagu β€œnona manis putar ke kiri kanan”. Seluruh siswa bergoyang menikmati lagunya. (salma&qulum)

By