Green School Festival 2016

(15/11) Tahun ini, Green School Festival (GSF) dilaksanakan di SMAN 10 Malang “Leadership Academy” dengan tema “ ECO Park School”. Mom Emy –panggilan sehari-hari di sekolah, selaku Ketua Umum kegiatan GSF di SMAN 10 Malang tahun ini mempersiapkan komponen-komponen yang menjadi penilaian GSF sejak hari Jumat (09/11) lalu. Dengan melibatkan siswa-siswi dari L to L (Learning To Live) Art , GEC (Green Earth Community), dan siswa-siswi dari beberapa kelas X, XI, dan XII. Hampir setiap tahunnuya, SMAN 10 Malang memperoleh penghargaan dari GSF. Harapannya tahun ini, SMAN 10 Malang memperoleh kembali penghargaan dari kompetisi bergengsi ini.

1
Selasa (08/11) Mom Emy bersama Annisya Lintang Sari (XI-D3/MIPA 5) mengikuti workshop sebagai bekal awal pelaksanaan GSF. Esoknya, bersama PPLH (Putra-Putri Lingkungan Hidup) siswi yang biasa dipanggil Icha bersama tim ini merancang konsep peta sekolah serta potensi dan masalah berdasarkan 9 isu. Hari selanjutnya, siswa-siswi dilibatkan membuat poster 9 isu, menggarap mading 9 isu, dan membenahi kelengkapan lingkungan di sekolah seperti saluran IPAL, BIOPORI dan lain-lainnya.
Untuk melatih kerjasama siswa dalam hal kebersihan, sekolah mengadakan kerja bakti di lingkungan sekolah dan asrama dengan melibatkan seluruh siswa berdasarkan kelasnya yang dibagi tiap tempatnya. Seluruh siswa bersemangat dan aktif. Hal ini juga efektif untuk menyadarkan siswa dalam hal kebersihan, karena seluruh siswa turut terlibat membersihkan lingkungan sekolah dan asrama.
Sampailah di hari penilaian, para pemandu bersiap di pos masing-masing untuk memandu dan menyampaikan informasi pada juri GSF seputar lingkungan sekolah. Anggota PASKIBRA juga bersiap di depan Mercusuar untuk menyambut para juri dengan gebrakan dan yel-yel nya yang menggemparkan seantera Smandasa. Beberapa siswa yang ditunjuk, juga bersiap mempresentasikan hasil karya seni daur ulang sampah, papan masing 9 isu, poster 9 isu dan yang paling utama presentasi persiapan SMAN 10 Malang Leadership Academy” dalam pelaksanaan Green School Festival 2016.

2
Acara pun dibuka oleh MC Radit Widya Surianata (XI) serta pembacaan puisi oleh Ratih Nurmalita (XI) dan persembahan lagu jungle GSF karya siswa oleh Rizqilla Nungky (XI), Ratih Nurmalita (XI), Nadhif Muhammad Iffat (XI) dan Ruth Stella Nathaniel Marpaung (XI). Kemudian, presentasi oleh Annisya Lintang Sari (XI) dan Panji Ade Putra (XI).
Selanjutnya, para juri berkeliling ke setiap mading dan poster 9 isu dengan dijelaskan oleh siswa-siswi. Lalu, berkeliling ke lingkungan sekolah mulai dari halaman Mercusuar sampai ke Laboratorium dan kembali ke Mercusuar untuk melihar karya seni daur ulang. Para juri pun pulang dengan disambut oleh anggota PASKIBRA. Sangat besar harapan seluruh warga asrama untuk meraih juara di Green School Festival 2016 ini. (/hsd)

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *