(1/10) Acara musik adalah salah satu event yang paling gencar diadakan di banyak tempat. Para penyelenggara biasanya mengadakan berbagai event musik dengan tujuan yang berbeda-beda. Diantaranya untuk menghibur masyarakat, ajang pencarian musisi, dan band baru berbakat. Selain itu, bahkan ada yang menjadikan acara music sebagai ajang donasi amal. Nah, kali ini, ada yang berbeda dari SMAN 10 Malang. SMAN 10 Malang mengadakan acara musik yang pesertanya berasal dari SMAN 10 Malang sendiri. Acara musik ini diadakan untuk penilaian pelajaran seni. Jika di sekolah lain penilaian musik hanya ditampilkan terbatas di dalam kelas, kali ini, penilaian seni musik dilakukan dalam penyelenggaraan acara layaknya pentas musik. Tahun ini adalah yang pertama kalinya acara musik yang dinamakan “Night Music Spectacular” diadakan.

Foto 1

“Jadi, awalnya hanya berupa penilaian untuk pelajaran seni budaya, tapi akhirnya ada inisiatif untuk menjadikannya sebagai acara yang tujuannya juga untuk menghibur warga asrama,” ujar PIC dari acara Night Music Spectacular, Nabila Farah Nada.

Acara ini berlangsung selama 2 hari, yaitu dari tanggal 31 September – 1 Oktober dan diselenggarakan pada malam hari di SMAN 10 Malang kampus 2. Pada hari pertama, ada sekitar 13 band yang tampil dari kelas 11. Sedangkan pada hari kedua, band yang tampil sebanyak 16 band gabungan dari band kelas 11 dan kelas 12. Pada penampilannya, setiap band memiliki ciri khas masing-masing. Lagu yang dinyanyikan pun beragam genre, alat musiknya pun beragam jenis, ada yang memakai alat musik tradisional, modern, dan gabungan antara keduanya.

Foto 2

“Ya,…kendalanya, disamping banyaknya tugas yang harus dikerjakan, kami harus meluangkan waktu untuk latihan,” ujar Leader (Pemimpin) dari band Leader Sound, Panji Ade.

Acara Night Spectacular Music ini meriah karena menghadirkan band-band yang pesertanya berasal dari siswa-siswi. Permainan musik yang ditampilkan pun, sungguh apik dan tak kalah professional. Juri-jurinya didatangkan dari luar, khusus pada acara ini.

Foto 3

“Harapannya, Night Music Spectacular ini bisa diadakan lagi tahun depan, dan pastinya lebih meriah” kata Gading Satya Pambayun, Master of Ceremony (MC) dari acara Night Music Spectacular, ketika diwawancara seusai penutupan acara. (nad)

By