Mantapkan Hati, Luruskan Niat, Satu Tujuan….

Anggota BDI (Badan Dakwah Islam) SMAN 10 Malang Kampus 2 periode 2016 – 2017 telah terpilih sebanyak 32 siswa, dan mereka telah melaksanakan tugas sebagai panitia perayaan Hari Raya Idul Adha pada hari Senin dan Selasa kemarin. Sebagai peresmian anggota baru, anggota BDI 2015 – 2016 yang kini telah duduk di bangku kelas 12, mengadakan Pendidikan dan Pelatihan BDI yang disebut dengan “BDI Islamic Camp 2016 – 2017”, dilaksanakan di SMAN 10 Malang kampus 2, Tlogowaru. Diadakannya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan ini selain peresmian anggota baru namun juga sebagai simulasi bagi anggota BDI agar mampu memegang organisasi BDI selama satu tahun ke depan, dan sekaligus pemilihan Ketua Umum BDI masa bhakti 2016 – 2017. Hari Jum’at (16/09) seluruh peserta yang merupakan anggota baru BDI kelas 10 dan kelas 11, dan seluruh panitia BDI berkumpul di aula STEM untuk mengikuti serangkaian acara pembukaan “BDI Islamic Camp 2016 – 2017” yang dibuka dengan sambutan dari Ketua Pelaksana oleh Ian Reyhan Junior (XI-MIA 6), Ketua BDI masa bhakti 2015 – 2016 oleh Fityan Fikrut Tamam (XI-MIA 6). Selama kegiatan ini, siswa laki-laki dan perempuan dipisahkan mulai dari tempat beristirahat dan kamar mandi.
Usai pembukaan, acara dilanjutkan sholat berjama’ah dan mengaji atau hafalan surat pendek. Selanjutnya penyampaian materi dan menonton film mengenai Makhluk Ciptaan Allah karya Harun Yahya. Waktu semakin malam, seluruh peserta tampak sudah lelah. Setelah film tersebut selesai dan review materi, seluruh peserta pergi ke ruang istirahat masing-masing untuk tidur.
Setelah menikmati alam mimpi, esok paginya seluruh peserta diajak untuk sholat malam. Kemudian dilajutkan kegiatan dengan rangkaian acara sholat berjama’ah, mengaji, senam, makan bersama, penyampaian materi dari Bapak Ibu guru dan alumni Ketua BDI, materi dan praktek dengan pembagian pos nasehat, praktek sholat jenazah. Lalu, malamnya, seluruh peserta yang sudah dibagi 6 kelompok, diajak keluar sekolah dengan diawasi beberapa Bapak guru, beberapa security dan semua panitia pelaksana untuk “Jalan – Jalan Malam” atau Jelajah Malam. Dengan alur perjalanan menjelajahi kampung dan rumah warga, setiap kelompok berhenti pada setiap pos untuk diberi nasehat. Sampai di sekolah, peserta istirahat ke ruangan masing-masing.
Esok paginya, seluruh siswa melanjutkan kegiatan dengan agenda senam, makan bersama, penyampaian materi dari Fityan Fikrut Tamam dan Bapak Sugianto, dan yang menjadi puncak acara adalah pemilihan Ketua Umum BDI masa bhakti 2016 -2017 dengan dua kandidat yakni M. Zulkarnain (XI-E3/MIPA 5) dan M. Daffa Saifullah (XI-D3/MIPA 5). Sebelum pemilihan, kedua kandidat dipersilahkan menyampaikan visi dan misinya. Kemudian 4 panelis (Bapak Sugianto, Ibu Khofifah, Fityan Fikrut Tamam dan Ian Reyhan Junior) dan setiap perwakilan angkatan diberi kesempatan menyampaikan satu pertanyaan. Kedua kandidat menjawab dengan tanggap dan tegas. Pemilihan dilaksanakan dengan menutup mata dan angkat tangan. Dan hasilnya, suara terbanyak diraih oleh kandidat nomor satu. Maka, Ketua Umum BDI masa bhakti 2016 – 2017 adalah M. Zulkarnain. Dan M. Daffa Saifullah secara otomatis menjadi Koordinator Dewan Syuro –tugasnya hampir sama dengan Wakil Ketua. Struktur tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya Dewan Syuro, sedang tahun sebelumnya Ketua Umum dibantu oleh Ketua I dan Ketua II. Acara pemilihan diakhiri dengan sesi foto antara Ketua Umum dan Ketua I masa bhakti 2015 – 2016 dengan Ketua Umum dan Koordinator Dewan Syuro masa bhakti 2016 – 2017 .
Selesainya acara pemilihan, seluruh peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diharuskan membuat yel-yel yang akan digunakan selama 1 tahun ke depan. 20 menit berlangsung, masing-masing kelompok menampilkan yel – yel nya dan terpilihlah satu yel – yel. Setelah menyanyikan yel – yel bersama, seluruh peserta kembali ke ruang istirahat dan membersihkan ruangan. Setelah itu, peserta segera berbaris di lapangan hijau dan kegiatan “BDI Islamic Camp 2016 – 2017” ini pun ditutup dengan apel pagi. Seluruh peserta sangat bahagia dan sangat terkesan dengan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan BDI tahun ini karena memberi banyak manfaat dan banyak pengalaman. (/hsd)

By