Alam adalah salah satu ekstrakurikuler baru yang dimulai pada tahun ajaran 2016-2017. Ekstrakurikuler ini dibina oleh Pak Toni, dan di koordinator oleh Dyo Jaja Prakasa dari kelas XI IPS J3. Diawal pembentukannya, ekskul ini memiliki lebih dari 30 anggota. Dan untuk mengawali kegiatan ekstrakurikuler, tim pengurus Pecinta Alam mengadakan kegiatan Diklat (Pendidikan dan Latihan).

Foto 1

Diklat dilaksanakan pada Minggu (25/09) yang diikuti oleh 25 anggota ekskul. Kegiatan dimulai pukul 07.00, yang diawali dengan mengecek barang bawaan dan menyiapkan perbekalan di lapangan rumput SMAN 10 Malang. Setelah pembagian kelompok dan berdoa bersama, para anggota ekskul mulai menempuh perjalanan ke daerah Wendit dengan berjalan kaki.

Foto 2

Sesampainya di pos pertama, para anggota ekskul berisitirahat untuk sarapan pagi. Setelah itu, kegiatan diklat dilanjutkan dengan games kekompakan. Seluruh anggota ekskul mendapat instruksi untuk masuk ke dalam sungai dangkal, dan mereka dituntut untuk tetap solid dalam air yang mengalir. Banyak cara yang dapat dilakukan, seperti saling berpengangan tangan, memegang pundak teman, dan berpegangan pada batu di sekitar sungai. Games selanjutnya, anggota ekskul dibagi menjadi dua tim, putra dan putri. Masing-masing tim membentuk posisi ular (memanjang) dan berhadapan dengan kelompok lain. Untuk tim putra mendapat instruksi untuk siap dalam posisi push up dan mengambil jatah push up 10x hitungan. Tim putra ditantang untuk tetap dalam posisi push up sekalipun aliran sungai mengalir deras.

Foto 3

Hari menjelang siang, matahari sudah mulai naik. Kedua tim membersihkan badan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya lintah dan serangga air yang menempel di baju, juga membersihkan sepatu yang terkena batu dan kerikil sungai. Setelah itu, mereka kembali bergabung menjadi satu tim kembali untuk menuju pos peristirahatan terakhir.

Sebelum kembali ke sekolah, di pos terakhir anggota ekskul beristirahat sambil merencanakan visi dan misi ekskul Pecinta Alam kedepannya. Setelah berembuk beberapa waktu, hasil kesepakatan visi dan misi dari seluruh anggota ekskul disampaikan kepada Pembina. Pak Toni selaku pembina ekskul menyambut positif usulan visi dan misi tersebut, beliau kemudian memberikan sedikit arahan serta evaluasi tentang jalannya diklat hari ini.

Foto 4

Pukul 10.00, anggota ekskul kembali ke SMAN 10 Malang, dan sampai di sekolah pada pukul 11.00. Anggota ekskul yang pertama kali memasuki kawasan sekolah, mendapat nomor induk satu untuk absensi di ekstrakurikuler Pecinta Alam ini. Begitu seterusnya hingga anggota ekskul yang paling akhir memasuki sekolah, Diklat Pecinta Alam selesai dilaksanakan. (/bta)

By