Peringati Idul Adha Dengan Bakar Bersama di Asrama

Hari Selasa (13/09) menjadi hari berbahagia bagi seluruh warga asrama SMAN 10 Malang Tlogowaru. Diperingatinya hari Raya Idul Adha dengan penyembelihan hewan qurban.  9 kambing jantan yang dijadikan hewan qurban siap untuk disembelih. Seluruh panitia Badan Dakwah Islam (BDI) telah siap dengan perlengkapannya untuk prosesi penyembelihan, pemotongan, serta penimbangan daging. Pukul 07.30 penyembelihan dimulai.

Foto 1

Proses ini membutuhkan waktu cukup lama karena banyaknya kambing dan kurangnya penyembelih. Sedangkan pemotongan daging dibantu oleh 4 perwakilan setiap house. Setelah dipotong, daging ditimbang hingga tercukupi 40 kresek. Seluruh daging dibagi menjadi 2 pemotongan, yakni yang ditimbang dan dibagikan pada guru sekolah, staff  dan warga sekitar, serta yang akan dimasak oleh warga asrama sendiri.

Foto 2

Kegiatan penyembelihan selesai, dilanjutkan penusukan daging untuk dijadikan sate oleh perwakilan setiap house. Malamnya, seluruh siswa berkumpul di depan gedung asrama sesuai  house-nya. Dipandu oleh panitia, setiap house menempati tempat pembakaran masing-masing yang tertata di jembatan penghubung asrama dan sekolah, atau biasa disebut “jembatan cinta”.  MC membuka acara pada malam semarak itu dengan do’a dan sambutan.

Foto 3

Dilanjutkan pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah dari lomba yang telah dilaksanakan Senin (11/09) kemarin. Seluruh siswa serempak bertepuk tangan dan meneriaki para pemenang lomba. Usai bersorak ria, seluruh siswa sibuk menyalakan arang untuk membakar sate, dengan perlengkapan yang telah disediakan panitia.  2 jam berlangsung, siswa-siswi bekerja keras mengipasi arang yang berapi  sambil menikmati sate yang sudah matang. Suasana gembira dan kekompakan setiap house sangat terasa menyelimuti malam itu. (/hsd)

By