Foto 1

Jumat (23/9) dengan keadaan hujan deras di SMAN 10 Malang Sawojajar diadakan kegiatan Diklat Pemandu tahun 2016-2017. Walau keadaan cuaca sedang tidak baik, adik-adik calon pemandu mengikuti seluruh rangkaian diklat dengan semangat.

Diklat dimulai sekitar pukul 13.00 di Outdoor Learning Centre (OLC), diawali dengan perkenalan oleh Pak Yudi, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan calon pemandu baru dengan kakak pemandu. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kelompok antara kakak pemandu dan calon pemandu.

Foto 2

Kegiatan dilanjutkan dengan sharing pengalaman dan pembekalan materi oleh kakak pemandu. Di kegiatan ini, seluruh calon pemandu dibebaskan berkeliling sekolah didampingi dengan kakak pemandu untuk mulai pembekalan materi.

Foto 3

Setiap kakak pemandu diberi tanggung jawab mendampingi 2-3 calon pemandu. Kakak pemandu bertugas menjelaskan apa saja yang harus disampaikan oleh seorang pemandu ketika sedang memandu tamu. Tentang sikap, gaya berbicara, dan kejelasan materi tentang sekolah juga diajarkan oleh kakak pemandu. Setiap kakak pemandu juga menceritakan tentang pengalamannya dalam memandu tamu, juga pertanyaan-pertanyaan umum yang biasa disampaikan tamu kepada pemandu.

Foto 4

Kendala dalam diklat kali ini adalah cuaca yang kurang bersahabat, hujan deras disertai petir sehingga kegiatan praktik touring tidak bisa dilaksanakan dengan semestinya. Keadaan lingkungan sekolah yang juga tidak mendukung karena hujan, membuat diklat tidak berjalan seperti yang diharapkan. Namun kegiatan diklat pemandu ini tetap berlangsung dengan lancar dan fun. Diklat berakhir sekitar pukul 14.30, diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh pemandu. (/bta)

By