Sholat Ied

By

Sep 12, 2016

Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam yang identik dengan acara penyembelihan hewan qurban yang dilakukan untuk memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Ismail AS oleh Nabi Ibrahim AS. Hari Raya Idul Adha terjadi setahun sekali. Saat perayaan Hari  Idul Adha, semua umat Islam di dunia berbondong-bondong menyedekahkan hewan-hewan ternak yang dibeli untuk menghormati pengorbanan Nabi Ismail AS. Selain berqurban,kegiatan yang biasa dilakukan ketika menyambut Idul Adha diantaranya takbiran,Sholat Ied, pawai, dan lain-lain.Tahun ini, SMAN 10 Malang pun menyambut kedatangan hari raya ini. Banyak hal yang dilakukan, salah satunya Sholat Ied.

Sholat Idul Adha di Asrama Leadership Academy

Sholat Ied di SMAN 10 Malang Kampus 2 dilaksanakan di tempat berkumpul (Assembly Point) yang berada di depan asrama. Acara Sholat Ied berjalan dengan tertib dan lancar. Siswa-siswi pun dinilai cukup khusyu’ ketika Sholat Ied berlangsung.

Pada pukul 05.45 WIB, semua siswa sudah harus berkumpul di Assembly Point untuk persiapan Sholat Ied berjamaah. Siswa-siswi duduk di atas karpet hijau yang telah disediakan panitia sambil mengumandangkan takbir. Setelah itu, sekitar pukul 06.00 siswa-siswi pun melakukan Sholat Ied berjamaah. Khotib yang hadir saat itu, membawakan ceramah yang berisi tentang hikmah-hikmah dibalik peristiwa pengorbanan Nabi Ismail AS dan ayahnya Nabi Ibrahim AS. Dalam ceramahnya, khotib yang bernama Ustad Amin itu bercerita tentang pesan-pesan yang diutarakan Nabi Ismail AS sebelum disembelih oleh Nabi Ibrahim AS, ayahnya, atas perintah Allah SWT. Salah satu pesan dari Nabi Ismail untuk ayahnya yaitu agar selalu berprasangka baik pada Allah terhadap semua perintah-Nya.

Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya Sholat Ied ini, dapat merekatkan silaturahmi antar warga asrama dan mengajarkan siswa-siswi hikmah dari Hari Raya Idul Adha.(nad)

By