LEBIH DEKAT DENGAN SUNGAI

Kamis(25/08) SMAN 10 Malang berkesempatan menjadi tempat praktik pembelajaran PLH dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013 untuk mengetahui kondisi air sungai DAS di Kota Malang. Acara ini diselenggarakan oleh perum Jasa Tirta. Tak hanya diikuti dari perwakilan SMAN 10 saja yang mengikuti acaraini, anggota JKPKA (Jaring-jaring Komunikasi Pemantauan Kualitas Air) lain dari beberapa sekolah di Kota Malang dan Batu juga turut serta meramaikan kegiatan ini.

Foto 1

Kegiatan ini bertujuan untuk mempraktikkan metode pembelajaran sesuai kurikulum 2013 dengan menghubungkan dengan kegiatan penilitian kualitas air. Kegiatan ini dilaksanakan di anak Sungai Brantas, Sungai Bango yang terletak di Sawojajar. Sebelum keberangkatan, perwakilan siswa yang mengikuti kegiatan ini dibriefing sebelum langsung terjun ke sungai. Mulai dari penjelasan prosedur pelaksanaan, cara menggunakan alat, sampai pembagian alat-alat yang diperlukan pada setiap kelompok yang telah dibentuk.

Foto 2

Setelah briefing selesai, siswa langsung diberangkatkan ke lokasi dengan naik angkot. Tak perlu menempuh waktu lama, setelah sekitar 10 menit perjalan, seluruh anggota telah sampai di Sungai Bango dan segera turun serta mempersiapkan peralatan yang akan digunakan seperti jaring-jaring, pinset, wadah, dan ember. Setelah mempersiapkan alat yang dibutuhkan para siswa mulai masuk ke sungai dan mencari objek yang akan diteliti.

Foto 3

Pencarian objek yang akan diteliti dan pengumpulan data berakhir pada saat jam makan siang, seluruh siswa disuruh untuk naik dan segera membereskan barang-barang untuk kembali ke sekolah lagi. Setiba di sekolah kegiatan dilanjutkan dengan shalat dan makan siang. Setelah shalat dan makan, siswa kembali lagi pada rangkaian kegiatan selanjutnya, yaitu mepresentasikan hasil penelitian dan objek-objek yang ditemukan di dalam sungai.

Foto 4

Namun, sebelum itu ada penjelasan pengenalan program-program yang berjalan di SMAN 10 ini yang disampaikan oleh Bu Djoeni. Setelah itu, para siswa melanjutkan diskusi untuk mempersiapkan presentasi. Acara diakhiri dengan beberapa kesimpulan dari pendapat kelompok tentang analisis kualitas air di Sungai Bango dan ditutup dengan pesan kesan dari perwakilan perum Jasa Tirta dan Ibu Emmy. (GAC)

By