Invasi SMAN 10 Malang di Car Free Day

Minggu, 28 Agusutus 2016 SMAN 10 Malang menginvasi acara CFD (Car Free Day) di daerah simpang balapan. Membawa tim art, band, robotic (Lego) dan flashmob SMAN 10 Malang menggelar beraneka ragam kegiatan dalam rangka memanjakan mata para pengunjung CFD dan publikasi program sekolah rujukan. Bertempat di simpang balapan, SMAN 10 Malang menggelar stand sederhana yang didalamnya terdapat tim art dan tim robotic yang sedang memerkan hasil karya seni dan pengembangan robotic Lego. Acara tersebut dihadiri oleh guru, staff dan siswa-siswi SMAN 10 Malang yang tergabung dalam tim-tim di atas.

Foto 1

Tujuan utama pameran-pameran tersebut ialah dalam rangka memperkenalkan SMAN 10 Malang yang baru saja mendapat predikat sebagai sekolah rujukan. Dalam hal ini, SMAN 10 Malang menjadi salah satu dari enam sekolah yang menyandang predikat sebagai sekolah rujukan di Malang. Sekolah rujukan itu sendiri ada sebagai pengganti Sekolah Model. Sekolah yang menjadi sekolah rujukan merupakan sekolah yang punya program unggulan yang bisa dirujuk oleh sekolah lain yang menjadi mitra kerjanya. Dalam hal ini SMAN 10 Malang ingin memeperkenalkan dirinya sebagai salah satu sekolah rujukan dengan cara menunjukan salah satu program unggulan yang dimiliki yaitu L to L (Learning to Live) seperti dalam hal ini yaitu art, band, robotic, serta Lego.

Foto 2Harapannya masyarakat Kota Malang yang menghadiri CFD bisa paham akan program program unggulan yang dimiliki oleh SMAN 10 Malang. Kegiatan dimulai saat rombongan bis SMAN 10 Malang tiba di simpang balapan. Seluruh tim langsung menurunkan barang ke stand yang sudah siap sebelumnya. Dengan cekatan semua barang sudah diturunkan dan ditata yang dibantu oleh guru. Ibu Dhevi sebagai PIC acara terlihat mengomando serta membriefing para tim agar kegiatan berlangsung sesuai dengan rencana. Kurang dari setengah jam, persiapan kegiatan sudah selesai. Pengunjung CFD pun mulai berdatangan ke simpang balapan bersamaan dengan adanya senam pagi. Syuza Khalis (MIPA 6 I3) dan Zidan Ramadhan (MIPA 6 I3) serta tim robotik yang lain terlihat sibuk mengotak atik Lego yang mereka pamerkan.

Foto 3

Berbagai Lego yang beragam fungsinya mereka tunjukan kebolehannya. Tim art yang dikoordinir oleh Pak Aji Utomo pun tidak mau kalah. Beragam hasil karya seni siswa siswi L to L art pun mereka pamerkan. Mulai dari kerajinan keramik, lukisan di berbagai media seperti pada mug dan papan sketsel serta hasil art mereka memberikan daya tarik tersendiri bagi penggemar seni. Setelah senam pagi selesai, tiba giliran bagi tim flashmob yang dikoordinir oleh Ni Made Savitri (XII IIS 2) unjuk gigi. Dengan gerakan yang kompak dan berenergi mereka menari nari di tengah kerumunan peserta CFD yang selesai senam. Tidak sedikit penonton yang mengikuti gerakan tim flashmob.

Foto 4

Setelah menghibur peserta CFD lewat tim flashmob, acara pun dilanjutkan oleh penampilan tim band LAcoustic yang diisi oleh Rizqilla Nungky (IPS 6 L3) sebagai penyanyi, Nadhif Muhammad Iffat (MIPA 4 A3) dan Bimawan Ardi (MIPA 5 D3) sebagai gitaris serta Muhammad Mazidan T (MIPA 6 H1) sebagai basis. Mereka melantunkan beberapa lagu yaitu Surat Cinta, Dekat di Hati, Cinta dan Rahasia, Lean On, Love Yourself. Penonton terlihat antusias menikmati tampilan ciamik dari LAcoustic. Setelah seluruh penampilan selesai, siswa siswi dari tim Marcomm yang baru datang dari publikasi sekolah di tempat dibantu oleh guru dan staf membagikan koran serta leaflet kepada para peserta CFD. Acara pun akhirnya selesai yang ditandai dengan berakhirnya CFD, seluruh tim berkemas dan bersiap untuk dijemput oleh bus serta travello. Bersih bersih sekitar simpang balapan pun tidak lupa dilakukan. Kira kira pukul 10.30 WIB semua barang sudah terangkut di bus dan segala aktivitas sudah selesai. Bus dan tavello pun meluncur kembali ke kampus 1 lalu setelah itu berlanjut ke kampus 2. (Lqm)

By