PENGENALAN LINGKUNGAN ASRAMA 2016

Registrasi Siswa Baru

(13/7) Registrasi siswa baru SMAN 10 Malang (Leadership Academy) tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB. Meja registrasi yang digunakan ada lima pilar yang terdiri atas, penandatangan presensi siswa, pendataan barang elektronik yang dibawa, daftar pemetaan kamar sementara, pemberian nomor piring, dan pengecekan barang bawaan. Registrasi dibuka hingga pukul 15.00 WIB. Akan tetapi dikarenakan hal-hal tertentu dari siswa baru, beberapa panitia masih bekerja untuk penerimaan registrasi hingga pukul 17.00 WIB.

Foto 1

            Pada pukul 05.30 WIB, dilaksanakan sholat Maghrib berjamaah. Setelah itu, dilanjutkan dengan pelaksanaan apel makan pada pukul 06.00 WIB. Pelaksanaan apel makan malam sekalian dengan kegiatan makan satu angkatan. Kegiatan selanjutnya adalah sholat Isya’ berjamaah yang dilaksanakan pukul 19.45 WIB di masing-masing gedung. Kemudian dilanjutkan perkenalan staff asrama dan seluruh panitia Pengenalan Lingkungan Asrama 2016.

Sekitar pukul 21.00 WIB dilaksanakan pengumpulan handphone seluruh siswa baru. Hal ini merupakan agenda rutin yang diperuntukkan siswa baru agar tidak terjadi ketergantungan antara siswa baru dan pihak rumah secara berkelanjutan. Penitipan handphone tersebut akan dilaksanakan selama satu bulan dengan teknis pengembalian handphone di akhir pekan. Setelah itu, siswa diperbolehkan untuk istirahat di kamar masing-masing.

Pengenalan Lingkungan Asrama 2016 hari ke-1

(14/7) Pengenalan Lingkungan Asrama 2016 hari ke-1 diawali pada pukul 03.00 WIB hingga pukul 03.30 WIB dengan agenda sholat tahajjud munfarid yang dilaksanakan di Gedung A lantai satu untuk laki-laki dan Gedung A lantai 3 untuk perempuan. Setelah itu dilanjutkan dengan mengaji yang didampingi oleh masing-masing kakak pendamping untuk setiap kelompoknya. Adapun kelompok-kelompok yang dibentuk adalah kelompok Lava, Logam, Batu, Es, Kayu, Angin, Cahaya, Petir, dan Api.

Pada pukul 05.30 WIB, siswa baru diagendakan untuk mengikuti senam bersama yang dilaksanakan di Assembly Point. Setelah kegiatan senam, siswa baru dipersilahkan sarapan bersama dengan kelompok masing-masing. Kurang lebih pukul 07.30 WIB, seluruh siswa baru berkumpul di gedung A untuk mengikuti presentasi-presentasi yang disampaikan oleh masing-masing departemen Komite Asrama dan divisi House Senate. Selama masa presentasi juga diselingi ice breaking agar tidak terlalu penat untuk siswa yang mendengarkan presentasi. Adapun selama presentasi berlangsung juga dipotong untuk waktu sholat dhuhur dan makan siang. Presentasi berakhir pada pukul 14.00 WIB.

Agenda selanjutnya adalah pembahasan persiapan perform dari masing-masing kelompok yang akan dilaksanakan di penutupan Pengenalan Lingkungan Sekolah 2016. Karena saat kegiatan hujan cukup deras, maka pembahasan persiapan perform tetap dilaksanakan di dalam Gedung A hingga pukul 16.30 WIB dan tentunya terpotong sholat Ashar. Setelah itu, karena hujan sudah cukup reda, siswa baru dipersilahkan kembali ke kamar masing-masing untuk persiapan sholat Maghrib.

Sholat Maghrib dilaksanakan pukul 17.45 WIB secara berjamaah di Gedung A. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yasin sebagaimana agenda rutin di asrama setiap Kamis malamnya. Pada pukul 18.30 WIB, siswa baru diharuskan berkumpul di Assembly Point untuk melaksanakan apel makan malam. Kurang lebih pukul 19.30 WIB siswa baru telah menyelesaikan agenda makan malam. Selanjutnya, pada pukul 19.45 WIB dilaksanakan sholat jamaah Isya’ di masing-masing gedung. Adapun siswa yang bertugas adalah Garlina Hita Ganjarani untuk Gedung A dan Luqman Arif Wicaksono untuk Gedung B.

Selanjutnya, pada pukul 20.00 WIB seluruh siswa diwajibkan untuk berkumpul kembali di Assembly Point. Kali ini masing-masing kelompok diberikan waktu untuk latihan perform bersama kakak-kakak pendampingnya. Latihan berakhir pada pukul 21.00 WIB. Siswa baru dipersilahkan untuk beristirahat di kamar masing-masing.

Foto 2

Pengenalan Lingkungan Asrama 2016 hari ke-2

Pengenalan Lingkungan Asrama 2016 hari kedua bertepatan dengan hari Jumat, 15 Juli 2016. Kegiatan diawali dengan sholat tahajjud secara munfarid hingga pelaksanaan kultum ba’da Shubuh yang teknisnya sama seperti hari sebelumnya. Hanya saja, kultum dilaksanakan oleh siswa baru yang sebelumnya sudah diberi tahu terlebih dahulu oleh panitia. Agenda pagi selanjutnya adalah sarapan dan school and dormitory touring. Teknis dari dua agenda ini adalah sebagian siswa baru sarapan dan sisanya terlebih dahulu melaksanakan school and dormitory touring. Dua agenda ini rampung pada pukul 06.45 WIB.

Agenda selanjutnya adalah Puzzle Hunt. Puzzle Hunt merupakan salah satu kegiatan baru di Pengenalan Lingkungan Asrama 2016. Masing-masing kelompok siswa baru diberi puzzle yang kosong. Selanjutnya mereka diminta untuk menuju panitia yang bersangkutan sesuai dengan urutan yang ditentukan untuk mendapatkan satu demi satu potongan puzzle mereka. Akan tetapi, mereka tidak hanya sekedar mengambil potongan puzzle tersebut. Panitia memberikan pesan-pesan yang telah ditentukan sebelumnya untuk disampaikan pada siswa baru yang akan mengambil potongan puzzle tersebut. Agenda ini dibatasi hingga pukul 09.30 WIB.

Agenda selanjutnya adalah latihan perform terakhir sebelum tampil di hari Sabtu. Latihan ini selesai pada pukul 10.45 WIB. Agenda selanjutnya adalah briefing untuk kegiatan jumatan dan keputrian serta petugas danton dari siswa baru untuk apel makan di malam harinya.

Pada pukul 11.30 WIB siswa baru muslim laki-laki melaksanakan sholat Jumat di aula STEM, untuk siswa baru muslim perempuan mengikuti agenda keputrian di Gedung A, dan untuk siswa non muslim melaksanakan ibadah di Gedung B. Kegiatan ini berakhir pada pukul 12.30 WIB yang tentunya telah diagendakan sholah dhuhur untuk siswa baru muslim perempuannya.

Tepat pukul 12.45 WIB, siswa baru makan siang di ruang makan bersama masing-masing kelompoknya. Pada pukul 14.00 WIB, mereka kembali dikumpulkan satu angkatan guna persiapan kegiatan pos. Adapun pos yang dimaksud adalah Pos 1 meruapakan pos kerapian dimana siswa diminta untuk memasang sprei sesuai dengan standard asrama yang telah diajarkan di hari sebelumnya. Pos 2 merupakan pos komunikasi. Siswa diminta untuk menyalin gambar yang telah diberikan panitia secara merantai mulai barisan depan hingga belakang. Barisan paling belakang diwajibkan menebak gambar apakah yang dimaksud oleh panitia. Hal ini mengandung esensi bahwa dalam menyampaikan suatu informasi haruslah jelas agar tidak terjadi miscommunication. Selanjutnya pos 3 merupakan pos kepemimpinan. Siswa baru diminta untuk berbaris satu banjar sesuai kelompoknya. Selanjutnya, seluruh siswa diminta untuk tutup mata kecuali orang yang berbaris di paling belakang. Gunanya, siswa di paling belakang ini harus bisa memberitahukan jalan mana yang harus ditempuh agar bisa sampai di kakak panitia yang telah ditentukan. Hal ini mengandung esensi bahwa semua orang wajib percaya pada pemimpinnya. Begitu juga seorang pemimpin juga harus bisa mengendalikan anggotanya dengan baik hingga dapat mencapai tujuan perkumpulan atau organisasinya.

Setelah itu, waktu kegiatan dipotong untuk pelaksanaan sholat Ashar. Karena masih ada susunan acara selanjutnya, maka khusus sholat Ashar di hari ini dilaksanakan secara berjamaah di masing-masing gedung. Selanjutnya ada kegiatan di pos 4, yaitu pos pemberian pesan kepada siswa baru. Di sini, siswa baru diberikan arahan bagaimana hidup di sekolah ini dengan baik dan wajar. Selanjutnya, di pos 5 ada kegiatan tentang motivasi selanjutnya ketika bersekolah di SMAN 10 Malang (Leadership Academy). Kegiatan pos pure selesai pada pukul 17.00 WIB.

Berikutnya, adalah free time hingga pukul 17.30 WIB yang dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah di Gedung A. Selanjutnya dilaksanakan apel makan malam pada pukul 18.00 WIB sekalian dengan makan malamnya hingga pukul 19.30 WIB. Pada apel makan kali ini petugasnya merupakan perwakilan siswa baru dari masing-masing kelompok.

Lagi-lagi saat setelah makan malam muncul suatu hambatan. Turun hujan cukup deras hingga satu setengah jam lamanya. Namun, puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, susunan acara selanjutnya memang terjadwal tepat ketika hujan reda yaitu 20.15 WIB. Saat itu, siswa baru langsung dipersilahkan menuju aula STEM guna mengikuti acara penguatan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menguatkan para siswa baru untuk mempersiapkan hatinya ketika menjalani aktivitas di lingkungan SMAN 10 Malang (Leadership Academy). Selanjutnya, dilaksanakan pula prosesi bersalam-salaman antara panitia dan seluruh siswa baru atas bergabungnya mereka di sekolah tercinta ini. Kegiatan berakhir tepat pukul 21.30 WIB sekalian dengan sesi foto satu angkatan.

Foto 3

Pengenalan Lingkungan Asrama 2016 hari ke-3

(16/7) Di hari ke empat ini, jadwal cukup longgar karena hanya berakhir hingga pukul 11.30 WIB. Di awal, siswa hanya diberi pesan untuk melaksanakan sholat tahajjud dan mengaji sendiri di kamar masing-masing sehingga mulai mengawali kegiatan saat sholat Shubuh. Siswa-siswi baru mengikuti acara berikutnya pada pukul 05.15 WIB yaitu lari pagi keluar area asrama. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 06.10 WIB. Dilanjutkan dengan sarapan.

Kegiatan selanjutnya adalah sharing dengan 3 alumni Sampoerna Academy. Semua siswa baru mendengarkan dengan seksama hingga kurang lebih pukul 08.45 WIB. Kegiatan berikutnya adalah persiapan perform bagi siswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan di aula STEM. Kegiatan baru dimulai kurang lebih pukul 09.15 WIB. Penampilan demi penampilan diberikan oleh masing-masing kelompok dengan semaksimal mungkin. Meskipun waktu yang diberikan untuk latihan tergolong singkat, setiap kelompok dapat menampilkan penampilan terbaik mereka. Seluruh penampilan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari Pengenalan Lingkungan Asrama 2016, meliputi best performance 1, 2, and 3, best puzzle hunt 1 and 2, the most antusias group 1 and 2, kelompok ter-respect, dan kelompok terkompak.

Setelah itu, diberikan hadiah hak kelompok beserta puzzle yang telah dilengkapkan oleh panitia. Masing-masing puzzle mengandung suatu artian dan pesan yang berbeda sehingga mereka harus mengetahui satu sama lain apa pesan yang diberikan panitia dengan cara gather angkatan pertama. Gather ini dipimpin oleh siswa baru sendiri atas nama Riska Asri Safitri Ramdhani dari SMPN 16 Malang, Royyan Deffa Darma Pratama Putra dari SMPN 3 Tuban, dan Pandu Ilmani Satria dari SMPN 4 Malang. Kegiatan ini berakhir kurang lebih pukul 14.00 WIB dan dilanjutkan dengan makan siang. Dengan berakhirnya gather para siswa baru, maka berkhir pula Pengenalan Siswa Asrama 2016.

Semoga kalian para siswa baru dapat cepat beradaptasi dan mengerti apa arti kata penting Leadership Academy, agar cepat pula kalian bersama kami berprestasi di sekolah ini. Membuat sekolah ini menjadi lebih baik lagi dengan citra yang semakin jaya yang tentunya merupakan semua bagian terdahulu SMAN 10 Malang ini. Apapun yang kami lakukan dalam Pengenalan Lingkungan Asrama 2016 ini tidak lain dan tidak bukan hanyalah untukmembuat kalian paham apa makna penting dari sekolah ini. Kalian adalah salah satu bagian dari harapan dan perjuangan kami. Tetaplah berada dalam rangkulan kami dan jangan pernah beralih selama kami masih bisa memberikan bimbingan dan kasih sayang ini. (amn)

By