SEMINAR SEAMEO BIOTROP

 Foto 1

 Selasa pagi (03/05) SMAN 10 Malang kampus II, dikunjungi SEAMEO BIOTROP (Southeast Asian Ministers of Education Organization and Regional Centre for Tropical Biology). SEAMEO BIOTROP ini merupakan tempat pembelajaran untuk membantu menghasilkan kader sumber daya pada berbagai aspek biologi tropis yang mampu membawa inovasi. Organisasi asia Tenggara ini datang dari Kota Bogor. Selain kunjungan, pihak SEAMEO BIOTROP ini juga berkeliling melihat kebun SMAN 10 Malang. Hasil kebun tersebut dipamerkan di Mercusuar, diantaranya tanaman sayur bayam merah, jamur beserta bibitnya, buah papaya. Hasil kebun tersebut merupakan hasil tangan dari siswa-siswi yang dibantu guru-guru SMAN 10 Malang, Tlogowaru.

Foto 2

Setelah puas mengelilingi kebun sekolah, pihak SEAMEO BIOTROP dipersilahkan menyampaikan presentasinya sekaligus berbagi pengalaman kepada peserta yang sudah duduk rapi di aula Mercusuar. Siswa-siswi SMAN 10 kampus I perwakilan kelas X dan kelas XI turut hadir dalam seminar ini. Sedangkan, siswa-siswi SMAN 10 kampus II diwakili oleh kelas X-A2, X-D2, anggota GEC dan Putra Putri Lingkungan Hidup.  Tak ingin melewatkan kesempatan, guru-guru biologi SMA Kota Malang, dan 2 guru dari SMAN 10 Malang yang akrab disapa Mom Emmy dan Mom Ellen juga ikut duduk di depan mengikuti serangkaian seminar ini.

Foto 3

            Presentasi disampaikan oleh Dr. Irdika Mansur selaku Direktur SEAMEO BIOTROP Indonesia. Organisasi ini telah membuat media tanam yang unik dan inovatif, serta hasil tanam yang unggulan. Jagung ditanam dengan media…  Setelah menghasilkan tanaman yang beraneka ragam, kita diajarkan membuka usaha dengan hasil tanam tersebut. Seperti halnya sekarang yang sedang berjalan, usaha jamur goreng. Dari budidaya jamur yang tak membutuhkan biaya banyak, dapat membuat jamur goreng yang dikemas dengan nilai jual 30 ribu. Tentu, untung yang didapat lebih banyak dari biaya pembuatan.

Sebagai pelajar, kita juga bisa membudidaya tanaman sendiri lalu membuka peluang usaha dengan membuat produk hasil tanaman. (hsd)

By