Tawa Haru Bahagia di Graha Kartika

 

Sibuknya panitia graduasi di hari penuh makna

            Minggu pagi(08/05) kemarin, asrama tidak seperti biasanya. Kurang lebih mulai pukul 04.00 WIB asrama sudah terasa ramai. Mata yang kemarin masih tertutup rapat di bawah mimpi indah, saat itu telah terbuka demi terwujudnya persiapan yang sempurna bagi wisudawan-wisudawati serta para pengisi acara. Lampu-lampu blok dan kamar telah banyak yang menyala. Suara bising langkah kaki dan obrolan kecil menjadi pelengkap pagi yang ditunggu-tunggu seluruh bagian dari Leadership Academy. Tak lama kemudian, kurang lebih pukul 04.30 WIB terdengar adzan berkumandang. Sejenak keadaan asrama hening.

Foto 1

            Tepat pukul 05.45 WIB semua pihak yang terlibat dalam acara sakral tersebut telah siap menunggu keberangkatan. Adapun transportasi yang disediakan antara lain, 1 bis pariwisata, 1 bis sekolah, 2 travello, dan 3 angkutan umum. Keberangkatan pertama menuju Graha Kartika sebagai lokasi graduasi tahun ini ditujukan kepada panitia graduasi terlebih dahulu. Selanjutnya, ditujukan pada seluruh pengisi acara. Terakhir, pada seluruh wisudawan dan wisudawati.

Kurang lebih 06.30 WIB, panitia graduasi telah sampai di lokasi. Baru beberapa detik menghirup udara segar di sana, panitia sudah harus mempersiapkan apa-apa yang diperlukan untuk graduasi. Panitia saling hilir mudik, sibuk dengan tugasnya masing-masing. Keluar dari satu ruangan ke ruangan yang lain, dengan membawa barang-barang yang dibutuhkan. Tak jarang terdengar suara saling panggil nama guna koordinasi satu sama lain. Memang tak sedikit barang-barang yang harus ditata panitia di hari H, sehingga seluruh panitia benar-benar maksimal bekerja dan tidak ada satupun yang ‘gabut’.

Persiapan di hari H tersebut memang terlihat sangat riuh. Akan tetapi bila ditilik lebih dalam lagi, panitia yang terdiri dari kelas X dan XI yang saat itu bekerja, tidak pure mengerjakan seluruh rangkaian acara secara mandiri. Seluruh keringat yang tercucur di dahi panitia juga dibarengi dengan pemikiran keras dari wisudawan wisudawati sendiri yang memberikan konsep dan membimbing seluruh panitia dalam mempersiapkan graduasi ini. Sehingga, meskipun terlihat sangat riuh dalam bekerja, sesungguhnya keriuhan tersebut telah dirancang di awal agar pada pelaksanaannya tetap lancar dan sukses.

Jalannya Acara sakral Graduasi yang penuh memori

Pada pukul 07.00 WIB para orang tua/wali siswa-siswi Leadership Academy angkatan 2 sudah mulai berdatangan menuju meja tamu.  Tak sedikit keluarga siswa yang ikut hadir dalam acara sakral tersebut. Satu per satu orang tua/wali pun memenuhi kursi yang telah disediakan. Begitu pula dengan kepala sekolah, para guru dan karyawan, tamu undangan VIP, serta para alumni SMAN 10 Malang.

Foto 2

            Pada pukul 08.00 WIB, kak Aqila (Leadership Academy angkatan 1) dan Raditya Surianata (Eagle-MIPA 4 A2) selaku MC membuka acara graduasi tersebut. Yessa Abdi Syech Fanky (Komodo-MIPA 6 I2), Cucuk Taruna Adriansyah (Hornbill-MIPA 4 A2), Annisya Lintang sari (Komodo-MIPA 5 D2), Ratih Nurmalita Hapsari (Eagle-MIPA 4 A2), dan Puspita Tri Rahmasari (Dolphin-IPS L2) mempersembahkan Tarian Nuswantara –tarian ciptaan siswa SMAN 10 Malang sendiri- sebagai tarian pengantar tamu undangan sekaligus tarian pembuka graduasi. Tak lama setelah itu, seluruh wisudawan wisudawati memasuki gedung. Rangkaian acara selanjutnya ialah menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin yang dipimpin oleh Ni Made Savitri (Rhino-XI IIS 2). Setelah itu, dilanjutkan oleh gebrakan tegas dari para Flag Devile. Flag Devile adalah siswa-siswi Paskibra yang bertugas membawa 9 bendera house, bendera Merah Putihm bendera Kota Malang, bendera SMANDASA, dan bendera Leadership Academy. Berikut merupakan siswa/siswi yang menjadi Flag Devile: Rosyidah Nur Amalina (Komodo-XI MIA 5), Terra Mahitala (Hornbill- XI MIA 6), Saviska (Dolphin- XI MIA 6), Dita Fitrianingsih (Dove-XI MIA 5), Katarina Atalia (Lion-XI MIA 5), Anjar asmarani (Dove-XI MIA 6), Ramadanti Nurul (Dolphin- XI MIA 6), Intan Surya Maharani (Rhino- XI MIA 5), Salsabila Sofia (Eagle-XI MIA 5), Ian Reyhan Junior (Eagle-XI MIA 5), Muhammad Iqbal Akbari (Dolphin-XI MIA 5), Nurfitra Pujo Santiko (Hornbill-XI MIA 6), dan Fajar Vidianto (Lion-XI MIA 6).

Foto 3

            Selanjutnya, ada penyambutan yang disampaikan oleh Bapak Tri Suharno selaku Kepala Sekolah SMAN 10 Malang. Setelah itu, dilaksanakan pemutaran video kenangan LA2. Haru bahagia mulai menyelimuti gedung megah tersebut. Di dalam video tersebut terselip memori-memori indah yang mereka lukiskan selama 3 tahun ini.

Setelah pemutaran video tersebut, rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan yang disampaikan oleh Ibu Zubaedah selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai salah satu tamu VVIP. Beliau menyampaikan bahwa sebagai siswa Leadership Academy harus menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kesederhanaan. Nilai kesederhanaan kembali ditekankan pada sambutan berikutnya yang disampaikan oleh alumni SMAN 10 Malang, yaitu Ricky Dwi P. dan Anisa Sekar Ningrum. Keduanya kini menjadi mahasiswa berprestasi di masing-masing perguruan tingginya. Sebagai bentuk penghargaan, SMAN 10 Malang memberikan plakat dan penghargaan kareana dapat membawa nama baik SMAN 10 Malang di perguruan tingginya.

Foto 5

Selanjutnya, dilaksanakan proses simbolisasi pelepasan atribut yang diwakili oleh Wahyu Anita Sri Lestari (Shark-XII IPA 4) dan Bagas Gilang W. (Dolphin-XII IPS 4). Satu demi satu atribut dilepas. Adapun atribut yang dilepas antara lain, tali kur dan baret. Suasana terasa sunyi senyap, seakan semua ikut larut dalam prosesi sakral itu. Disusul simbolisasi   penyerahan kartu alumni oleh Ketua Alumni SMAN 10 Malang kepada Wahyu Anita Sri Lestari (Shark-XII IPA 4), dan Bagas Gilang W. (Dolphin-XII IPS 4).  Berikutnya, memasuki acara puncak Leadership Academy Graduation Batch 2 yakni prosesi wisuda oleh masing – masing siswa/siswi Leadership Academy Batch 2. Dan kemudian disusul pembacaan 3 teratas nilai Ujian Sekolah dari masing – masing jurusan. Berikut nama – nama siswa – siswi yang mendapat 3  besar Ujian Sekolah jurusan IPA: di peringkat ketiga yakni, Salma Maharani (Hornbill, XII IPA 4), peringkat dua  Ikramah Maghfiroh (Lion, XII – IPA 4), dan tak lupa Moch. Akbar Reno (Lion, XII – IPA 4). Kemudian dilanjutkan nama – nama siswa/siswi yang mendapat 3 teratas nilai Ujian Sekolah jurusan IPS: di peringkat ketiga Riza Khoiriyah ( Hornbill, XII – IPS 4), peringkat kedua Nehemia Daniel Sohilait (Manta Ray- XII IPS 4), dan peringkat pertama yakni Eka Nanda Fitriani ( Dolphin-XII IPS 4). Berikutnya, merupakan pembacaan 3 nilai teratas Ujian Nasional  jurusan IPA dan IPS. Berikut nama – nama siswa/ siswi dengan 3 nilai teratas jurusan IPA, yakni: diperingkat tiga atas nama Rafael Permata  S.R (Rhino-XII IPA 6), diperingkat kedua Rizky Affianto (Komodo-XII IPA 6), dan di peringkat teratas atas nama Moch.Akbar Reno (Lion-XII IPA 4).

Foto 4

 

Dilanjutkan pembacaan 3 siswa  teladan Leadership Academy Batch 2, yakni: di peringkat ketiga yakni: Andritama Diyahuddin Rahmatullah (Shark-XII IPA), Riza Khoiriyah (Hornbill-XII IPS 4), dan Gilang Tirta Kurnia (Rhino-XII IPA 5). Tak lupa masing – masing siswa teladan menyampaikan pidato singkat untuk memotivasi adik – adik LA 3 dan LA 4. Acara berikutya yakni Leadership Handover oleh Giloang Tirta Kurnia (Rhino-XII IPA 5) kepada Fajar Vidianto (Lion-XI MIA 6) sedangkan Ian Reyhan Junior (Eagle- XI MIA 5) adalah pembawa bendera Leadership Academy sebagai simbolisasi Handover. Disambung pidato pembukaan oleh salah satu perwakilan orang tua siswa, yaitu Ayahanda Gilang Tirta Kurnia (Rhino, XII-IPA 5), dan kemudian Doa disampaikan oleh  Acara terakhir yakni penampilan puisi oleh Feby Diah Ningtyas (Eagle-XII IPA 5), dan penampilan paduan suara seluruh wisudawan 2016 Leadership Academy Batch 2. Berikut merupakan lagu yang dibawakan saat paduan suara: Lagu Pertama Terima Kasih Guruku, disusul Doa Seorang Anak, dan ketiga Selamat tinggal kampusku (Cipt: Alm. Bapak Fatchul Yaqien), dan lagu terakhir yakni Leaders Tune (ciptaan: Siswa Leadership Academy  Batch 2). Acara berakhir sekitar pukul 13.00 WIB. (seh/amn/erb)

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *