“Praktek Pembuatan Keramik di Dinoyo”

            Sabtu kemarin(30/04), menjadi agenda lanjutan untuk pelaksanaan kunjungan ke usaha keramik di daerah Dinoyo. Kunjungan ini merupakan wujud praktek dari materi yang disampaikan Bapak Aji Cahyono dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas XI. Sebelumnya, kunjungan telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 April 2016 dan diikuti oleh 1/3 siswa kelas XI.

Kunjungan lanjutan tersebut berjalan dengan lancar. Untuk kali ini, kunjungan kembali diikuti oleh 1/3 siswa kelas XI selanjutnya sebagai kloter kedua. Mereka berangkat pukul 09.00 WIB dengan naik bis sekolah. Perjalanan kurang lebih memakan waktu 1 jam. Pada pukul 10.00 WIB, para siswa telah sampai ke lokasi. Akan tetapi, mereka tidak full naik bis hingga sampai di depan tempat kerajinan keramik yang dituju. Para siswa harus menempuh sedikit lagi perjalanan dengan jalan kaki dikarenakan areanya memang tidak dapat dilewati bis.

Kunjungan ke Sentra Keramik Dinoyo

            Sesampainya di sana, dilakukan proses pengenalan usaha oleh salah satu perajin. Beliau menjelaskan mulai dari proses awal pembentukan keramik hingga pada proses pembakarannya. Tidak banyak perajin yang bekerja di sentra keramik tersebut. Tempat usahanya juga tergolong sederhana dan tidak terlalu memakan banyak tempat jika dipertimbangkan dengan banyaknya karya keramik yang telah diproduksi. Alat-alatnyapun juga lengkap dan tak kalah dengan usaha keramik di tempat lain yang lebih besar.

Setelah para siswa mendapatkan presentasi dan melihat secara langsung pemrosesannya, mereka mendapatkan tugas berupa penggambaran dan pewarnaan gelas keramik yang telah disediakan oleh tempat kerajinan keramik tersebut. Dengan berbekal sketsa yang telah dibuat para siswa di jauh hari, mereka mulai menggoreskan grafit hitam di atas gelas keramik yang masih polos tersebut. Para siswa melakukan proses penggambaran dan pewarnaan dengan baik. Kegiatan tersebut dilaksanakan hingga pukul 11.00 WIB. Setelah melakukan proses pengumpulan karya, para siswa diperbolehkan untuk istirahat selama setengah jam. Selanjutnya, para siswa melaksanakan ibadah Sholat Dhuhur. Para siswa kembali ke asrama pada pukul 12.00 WIB dengan menggunakan bis sekolah. (amn)

By