Ketika Gerhana Matahari Total Terjadi Kembali Setelah 33 Tahun

 

Ada yang berbeda dalam perayaan hari raya Nyepi tahun ini. Hari raya bagi umat Hindu yang jatuh pada hari Rabu (9/3) kali ini bertepatan dengan salah satu fenomena alam yang tergolong langka. Fenomena yang pernah terjadi pada 1983 silam ini terjadi lagi dan dapat dilihat di langit Indonesia. Salah satu tempat strategis untuk melihat fenomena ini adalah Universitas Ma Chung – Malang

Fenomena tersebut adalah fenomena alam bernama Gerhana Matahari Total. Gerhana Matahari Total tahun ini berlangsung selama lebih dari 4 menit yang dimulai pada pukul 7.20 pagi dimana bulan menutupi seluruh bagian matahari. Kami pun tidak ingin melewatkan kesempatan melihat fenomena langka ini. Rombongan SMAN 10 Malang yang berjumlah 15 orang tiba di Universitas Ma Chung pada pukul 06.16 pagi dan menunggu terjadinya gerhana matahari total.

Pengamatan Gerhana Matahari

Universitas Ma Chung yang berada di daerah Villa Bukit Tidar Malang menawarkan untuk menyaksikan gerhana matahari secara gratis. Kami dapat melihat fenomena ini di atas kantin Universitas Ma Chung. Melihat gerhana matahari tidak boleh sembarangan. Kita tidak boleh melihat gerhana matahari dengan mata telanjang dalam waktu yang lama karena akan beresiko  merusak penglihatan yang menyebabkan kebutaan.

Untuk mengatasi problema tersebut, maka pihak universitas Ma Chung menyediakan teleskop dengan pengaman khusus gerhana matahari. Disana juga dijual kacamata khusus gerhana matahari seharga Rp. 40.000. kamera juga tidak dapat memotret langsung gerhana ini karena akan menyebabkan rusaknya lensa kamera. Untuk itu, banyak pengunjung yang memotret fenomena ini melalui teleskop yang sudah diberi pengaman maupun melindungi lensa kameranya dengan lapisan pelindung seperti pada bahan kacamata khusus gerhana matahari.

By