2 in 1 Event in 22th April 2016

April merupakan salah satu bulan spesial untuk para wanita Indonesia atau mungkin seluruh warga Indonesia. Bagaimana tidak, 21 April merupakan peringatan Hari Kartini yang notabene merupakan pahlawan wanita ternama di Indonesia, beliau telah menginspirasi jutaan wanita Indonesia dengan gerakan emansipasi wanitanya. Karena gerakan emansipasi wanita yang dicetuskan oleh Ibu R.A. Kartini, wanita Indonesia yang dulunya hidup bak dalam cangkang dan ketidaksetaraan perlakuan gender, sekarang mereka dapat hidup bebas dan mendapatkan perlakuaan yang setara dengan kaum laki-laki. Bicara soal bulan April, tak hanya Hari Kartini saja yang menjadikan bulan April menjadi salah satu bulan istimewa, satu hari setelah Hari Kartini atau tepatnya 22 April dunia menyepakati tanggal tesebut sebagai Hari Bumi sebagai apresiasi seluruh umat manusia terhadap kebaikan yang dilakukan oleh bumi kepada kita.

Sehubungan dengan itu (22/04) OSIS SMAN 10 Malang (Leadership Academy) melalui L to L FPPI mengadakan event untuk memperingati dua peringatan sekaligus yakni Earth Day dan Kartini’s Day. Dalam event ini terdapat 5 macam lomba yang sangat menarik dan mengasah art skill para siswa. Untuk Earth Day terdapat lomba mading antar kelas berbahan daur ulang, juga ada lomba cerdas cermat antar kelas yang bertemakan lingkungan. Kemudian, untuk Kartini’s Day diadakan lomba make up challenge, perkusi, dan orasi yang membangkitkan jiwa nasionalisme sekaligus kreativitas siswa SMAN 10 Malang (Leadership Academy). Semua lomba  menggunakan sistem classmeeting atau pertemuan kelas.

Peringatan Hari Kartini

Karena hari Jum’at merupakan hari efektif sekolah, maka pagi hari hingga pukul 11.30 WIB siswa tetap mengikuti KBM normal, kemudian setelah sholat Jumat atau kira-kira pukul 14.00 WIB seluruh siswa berkumpul di CSC untuk mengikuti event perayaan Kartini’s Day dan Earth Day. Acara dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh Aisyiyah Ullya Destasari (XI/MIA 5/Shark) dan Nala Mawaddani (XI/MIA5/ Shark) sebagai MC acara siang itu, dilanjutkan oleh pidato pembukaan dari Mrs. Novi selaku perwakilan dari bapak kepala sekolah yang berhalangan hadir di event ini. Selanjutnya merupakan lomba make up challenge putra dan putri. Tak kalah seru dari lomba sebelumnya,  yakni lomba  Cerdas cermat antar kelas, dan event sesi satu (sesi  siang) ditutup dengan Class Tour untuk memberi penilaian terhadap mading setiap kelas untuk kemudian di vote. Acara sesi pertama selesai pada pukul 15.15 siswa kembali ke asrama untuk bersiap-siap di sesi 2 (sesi malam) event ini.

Pukul 19.00 WIB para siswa kembali berkumpul di CSC untuk melanjutkan sesi dua event yang diselenggarakan siang tadi. Di sesi ini terdapat lomba perkusi dan orasi sebagai mata lomba untuk Kartini’s Day. Juri orasi dan perkusi kali ini adalah Bapak Aji Utomo selaku guru Seni SMAN 10 Malang (Leadership Academy), dan Livia Alma Sherisa (XII/MIA6/Lion) sebagai juri lomba Orasi antar kelasi. Sekitar pukul 21.00 Pengumuman lomba pun berlangsung, untuk juara 1 dan 2 lomba mading adalah dari kelas XI/MIA 6 dan XI/IIS 2, juara 1 dan 2 lomba cerdas cermat adalah kelas XI MIA 5 dan XI/IIS 2, juara 1  make up challenge adalah X/MIPA 4 A2 (putri) dan XI/IIS 2 (putra), juara 1 dan 2 Orasi adalah XI MIA 5 dan XI/IIS 2, juara 1 dan 2 lomba perkusi adalah dari kelas XI MIA 5 dan X-MIPA 5 D2. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Saviska (XI/MIA 6/Dolphin) sebagai MC sesi 2. Sebelum seluruh siswa kembali ke asrama, siswa diperkenankan untuk berfoto perkelas sebagai kenang-kenangan dan juga sebagai media untuk mempererat persaudaraan. Siswa kembali ke asrama pada pukul 21.30 WIB.  Jadilah orang yang dapat memimpin diri sendiri dengan bijaksana dan cerdas. (seh)

By