SMANDASA punya juaranya

 

Lomba Cinderamata Nusantara 2015 adalah Lomba yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kreativitas dari pelajar di Indonesia. Pada perlombaan kali ini tema yang diambil adalah Cipta Kreasi Cinderamata Nusantara Berbahan Daur Ulang. Bahan yang boleh digunakan adalah plastik, kertas, kain, kayu, karet, dan pecahan.

Terdapat salah satu siswa SMAN 10 Malang yang mengikuti perlombaan tersebut yaitu Pramana (Siswa kelas X). Pada awalnya ia hanya iseng-iseng mencari lomba di internet, selain itu ia juga hobi di bidang seni dan desain. Pada perlombaan ini ia membuat tempat lampu dengan bahan dasar kardus.

Foto Bersama

Hasil karya dari Pramana berhasil menjadi nominasi dengan kategori dua dengan usia 13-18 tahun sehingga ia berangkat ke Bandung untuk mengikuti lomba tahap selanjutnya. Selama tiga hari di Bandung terdapat beberapa agenda yang dijalaninya yaitu workshop, city Tour, kunjungan ke produsen kertas daur ulang dari serat pisang, namun ia juga harus mempresentasikan hasil karyanya di depan para juri, “Awalnya sempat gerogi arena juri lebih sering bertanya ke saya disbanding peserta sebelumnya dan juga sering melihat presentasi secara dekat, selain itu ini juga event besar pertama bagi saya” ungkap Pramana

Saat yang ditunggu pun tiba yaitu puncak penganugerahan, Pria berkacamata ini dipanggil ke depan sebagai juara harapan dua dengan produk cinderamata lampu berbahan dasar kardus. Ia mengaku kaget ketika namanya disebut sebagai juara harapan dua. Rasa bangga dan kecewa pun bercampur menjadi satu disamping bangga berhasil menjadi juara harapan dua ia juga kecewa karena ia sebelumnya telah optimis menjadi juara lebih dari juara harapan dua.

Foto Para Pemenang

10 November 2015 sebelum upacara dimulai ia di panggil kedepan bersama siswa berprestasi lainnya untuk menyerahkan piala dan mendapat apresiasi dari pihak sekolah yang langsung diberikan oleh Bapak Tri Suharno selaku Kepala Sekolah. Pada kesempatan itu pula Bapak Tri Suharno disamping mengucapkan selamat kepada siswa beliau juga berpesan agar siswa yang lain juga senantiasa mengembangkan potensi dirinya untuk meraih prestasi sebanyak– banyaknya.

Untuk kedepannya Pramana ingin agar bisa mengikuti perlombaan lainnya dan berharap pihak sekolah lebih aktif lagi untuk menginformasikan kepada siswa jika terdapat lomba apapun di segala tingkat.(tuf)

By