Hari Kesaktian Pancasila

Garuda Pancasila, sumber dari www.wikipedia.orgHari ini (1/10) siswa SMA Negeri 10 Malang bersiap-siap mengikuti upacara Kesaktian Pancasila. Berbeda dengan upacara yang biasanya diselenggarakan setiap hari Senin. Upacara kali ini diselenggarakan dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Upacara ini dilaksanakan sebelum pelaksanaan UTS semester 1.

Upacara ini dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan Kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa ini. Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya. Terlebih lagi hingga kini kita selaku bangsa tentulah malu terhadap para pendiri negara yang telah bersusah payah meletakkan pondasi negara berupa Pancasila, sedangkan kita kini seakan lupa dengan tidak melaksanakan nilai-nilai Pancasila yang sangat sakti tersebut.

Foto 1Upacara ini berlangsung dengan khidmat. Petugas upacara yaitu tim Paskibra SMAN 10 dapat menjalankan tugas dengan baik, ditambah lagi dengan tim paduan suara yang membuat acara semakin meriah dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu nasional dan juga mars SMAN 10 Malang.

Foto 2Setelah berlangsung kurang lebih 1 jam, upacara pun diakhiri dengan pembacaan doa. Setelah selesai upacara, siswa kelas 12 pun bersiap-siap untuk mengerjakan soal UTS semester 1. Sedangkan kelas 10 dan 11 kembali ke rumah atau tetap tinggal di sekolah untuk belajar materi yang akan diujikan.(nov)

By