Diklat Pemandu dan Tim Marcomm

Sabtu, 19 September 2015 siswa yang bergabung dalam tim pemandu baru telah rapi dan berkumpul pukul 07.00 di aula mercusuar untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan pemandu 2015. Acara pertama dibuka dengan sambutan dan salam dari Bapak Yudi Fahmin dan dilanjutkan dengan presentasi informasi seputaran SMAN 10 Malang. Selain materi dalam ruangan, hari itu calon pemandu juga diajak untuk praktik langsung dengan berkeliling sekolah dan asrama untuk menceritakan segala macam yang ia ketahui untuk dibagikan kepada tamu.

Pemberian Materi Diklat Pemandu dan Tim Marcomm

Calon pemandu didampingi 1-2 kakak pemandu lama selama berkeliling, mereka bertukar informasi dan saling belajar bagaimana cara menghadapi tamu dengan baik. Kakak pemandu juga memberikan penilaian kepada pemandu yang baru seputar kemampuan dia menyampaikan, kecakapan, isi, kontak mata, kejelasan isi dan gerak tubuh. Selain itu, kakak pemandu juga memberikan komentar dan masukan pada lembar penilaian tersebut yang kemudian dibahas solusi menghadapi kesulitannya di acara berikutnya.

Praktik Memandu

Sesi berikutnya Pak Yudi juga membagikan materi tentang teknik memandu. Adapun kakak alumni yang dulu sempat memandu hadir untuk membagikan pengalaman dan berpesan untuk pemandu baru “Memandu itu menyenangkan loh dek, kalian bisa mengenal orang luar, melatih kemampuan berbicara kalian juga menambah pengetahuan kalian juga loh.” Pesan kak Imron dan kak Shita.
Acarapun ditutup dengan sambutan terakhir dari Bagas Gilang selaku ketua Tim Marcomm (Marketing & Communication), El Eden Marthinus selaku Koordinator Pemandu periode 2014-2015 dan Anastasya Firdauzi perwakilan pemandu 2014. “Pemandu adalah kecintaan terbesar saya sulit memang untuk melepaskannya, tapi saya yakin ini saat yang paling tepat untuk memberikan kecintaan saya pada kalian. Karena saya yakin, dari sebuah kencintaan akan hadir pengabdian yang luar biasa.” Kenang El Eden.

Foto Bersama Tim Marcomm dan Pemandu

Kemudian disambung dengan kata-kata terakhir dari alumni dan pemandu baru tentang acara ini. Mereka merasa terkesan dan yakin bahwa mereka bisa menjalankan tugas sebagai pemandu dengan sebaik-baiknya.
Calon pemandu yang berhalangan hadir pada hari itu juga mengikuti pendidikan dan pelatihan serupa pada Minggu, 27 September 2015. Acara itu juga dibarengi dengan pengukuhan Tim Marketing Communication 2015 yang beranggotakan 11 siswa terdiri atas Moh. Rexy sebagai ketua, Fajar Fidianto wakil ketua, Ni Made Savitri sekretaris, Fitri Icha jurnalis Bahasa Indonesia, Indira Puspita jurnalis Bahasa Inggris, Moh. Ridlo dan Nur Fitra layouter, Aisyah Ulya Desta Humas, Katarina Atalia koordinator pemandu, Muh. Reyhan photographer, dan Kelvin Yudhistira videographer (red.doc).

By