Pelatihan Jurnalistik Dari dan Untuk Siswa

 

Menjelang pergantian anggota pemandu, Sabtu (19/09) diadakan diklat anggota pemandu yang bertempat di aula mercusuar SMAN 10 Malang. Acara dimulai pukul 07.00 WIB dan berjalan dengan lancar. Agenda siang itu tak hanya diklat pemandu, melainkan pelatihan layout jurnalistik juga diadakan pada tanggal yang sama. Bertempat di ruang kelas, para anggota jurnalistik kelas X dan XI sangat antusias untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Foto 1

Dibuka dengan doa, acara pelatihan layout dilanjutkan dengan pemberian materi secara singkat tentang proses layouting oleh Gilang Tirta Kurnia. Setelah pembekalan materi, para peserta pelatihan layout diberikan kesempatan untuk memraktekkan apa yang sudah didapat dan mengaplikasikannya dalam bentuk layouting news release.

Foto 2

Selama kurang lebih 4 jam pelatihan berlangsung, banyak ilmu yang didapat oleh para peserta. Mulai dari pengenalan apa itu news release, cara layouting yang benar dengan komposisi berita yang rapi, hingga cara pengaplikasian corel draw. Meskipun sedikit kesusahan di awal, tetapi para peserta tetap semangat mengikuti pelatihan kali ini. Setiap peserta diberikan artikel dan foto berita untuk proses layouting.

Foto 3

Banyak kendala saat proses layouting, mulai dari artikel yang terlalu panjang, foto dengan kualitas gambar rendah, hingga artikel yang tidak sesuai dengan foto yang diberikan. Tetapi hal tersebut tidak menjadi kendala yang terlalu berarti, peserta pelatihan tetap melanjutkan proses layouting dibantu Gilang Tirta dan Atika Umi. Acara berakhir pukul 13.00 WIB dan hasil layouting para peserta akan dicetak sebagai news release edisi selanjutnya.(dem)

By