Diklat Pemandu Sekolah Tahun 2015

(13/9) pagi itu meski hari libur, para pemandu dan calon pemandu tetap semangat untuk hadir di sekolah mengikuti Diklat Pemandu Kampus 1  Tahun 2015, diikuti sekitar 50 pemandu dan beberapa alumni tim pemandu mulai pukul 07.00 hingga pukul 12.00 tepat.

Amelia Mardikawati (alumni pemandu) - sharing materi dan pengalaman pemandu sekolah

Para calon pemandu sangat serius mengikuti materi yang disampaikan oleh Pak Yudi Fahmin selaku Marketing & Communication SMAN 10 Malang. Kegiatan Diklat Pemandu adalah kegiatan rutin yang diselenggaran oleh sekolah ini. Sebagai seorang pemandu sekolah, maka mereka harus paham betul tentang program-program pengembangan sekolah baik program yang sudah berjalan maupun program yang akan dilaksanakan. Tidak hanya harus paham tentang program-program sekolah, para pemandu juga dilatih communication skill diantaranya tentang teknik bridging dan teknik flagging. Sopan santun berperilaku dan etika berkomunikasi menerima dan memandu kunjungan tamu juga dilatihkan kepada mereka.

Praktik Memandu Kunjungan Tamu Sekolah

Peran Kakak Pemandu penting sekali, karena mereka wajib untuk membimbing dan melatih para calon pemandu sebagai adik pemandu untuk bisa menjadi pemandu sekolah yang terlatih dan terdidik, dengan demikian akan bisa membawa pengaruh bagi siswa lain di sekolah agar menjadi lebih baik. Selama kurang lebih 2 jam Pak Yudi memberikan materi secara teori di ruang TEY (Toyota Eco Youth) Gallery dan dilanjutkan dengan kegiatan praktik memandu yang dibimbing oleh para kakak pemandu, materi itu juga dibantu oleh para alumni tim pemandu yang saat ini sudah duduk di bangku perkuliahan. Tujuannya adalah untuk sharing materi dan pengalaman pada saat mereka masih aktif menjadi pemandu sekolah.

Foto Bersama Peserta Diklat Pemandu Sekolah

Sesi selanjutnya adalah praktik school touring, teknisnya adalah satu orang kakak pemandu membimbing satu orang adik pemandu, secara bergantian mempraktikkan memandu kunjungan tamu, mulai dari pintu gerbang dengan asumsi tamu datang disambut di pintu gerbang sekolah, hingga tamu diantar keluar pintu gerbang sekolah. Sesi ini berlangsung salama kurang lebih 2 jam.

Evaluasi dan koreksi adalah sesi terakhir pada kegiatan Diklat Pemandu kali ini, hasil praktik school touring dari masing-masing kakak pemandu memberikan catatan evaluasi dan koreksi untuk dibahas bersama. Evaluasi diawali sambutan oleh Ibu Djoeni Hendarti selaku bagian Kehumasan SMAN 10 Malang sekaligus memberikan support dan motivasi bagi para calon pemandu untuk menjadi pemandu yang excellent, selain itu juga ada para alumni pemandu yang memberikan evaluasi dan koreksi buat adik adik pemandu tentang pengalaman mereka selama masih aktif sebagai pemandu sekolah, karena pengalaman yang banyak dalam memandu itu sangat bermanfaat dan sebagai modal di bangku perkuliahan.

Diklat Pemandu ditutup dengan pengukuhan Saskia Alfina Faradila sebagai korodinator pemandu periode 2015 – 2016 dan semangat “Learn Today, Lead Tomorrow, Be The Best!”.

By