Madoshagle Sabet Juara I,

Tim Mapping Bawa Pulang Piala dalam Green School Festival 2014

 

Tim mading Madoshagle berhasil meraih Juara dalam acara puncak Green School Festival 2014 yang digelar pada 29 November 2014 di Gedung Baiduri Café & Resto, Tlogomas. Kali ini mading karya Madoshagle yang bertema lingkungan mampu meraih Juara I kategori SMA.

Tim yang beranggotakan Arnoldus Yan Pranata, M. Triyo Anggono, Dibyana Galih Prakasita, Tuhrotul Fu’adah, Anisa V. Maudy, Natasya Dea F., dan Yuyun Nailufar bersyukur, karena kerja keras mereka selama sepuluh hari ini tidak sia-sia. “Kami selalu menyempatkan waktu kami untuk mengerjakan mading, karena kami berkelompok, kami mudah bekerja sama dalam mengatur waktu” jelas Arnold. “Membuat mading 2D adalah tantangan tersendiri bagi kami, karena kami lebih terbiasa membuat mading 3D, namun kami mencoba mengkolaborasikan keduanya, dan Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan” ujar Dibyana.

Tim Green School SMANDASA Foto Bersama Walikota Malang

Beralih ke lomba Mapping, lomba ini adalah lomba utama dalam Green school Festival (GSF). SMAN 10 Malang mendelegasikan tiga siswa untuk mengikuti lomba ini, yakni Gilang Tirta K., GhitaSetiaji P., dan Dyane Puspa. Lomba Mapping Sekolah ini adalah merupakan aksi pemerintah Kota Malang yang bekerja sama dengan Radar Malang dalam rangka mengembalikan Kota Malang hijau seperti sedia kala. Lomba ini berbeda dengan lomba sekolah hijau lainnya, lomba Mapping dalam GSF ini menilai secara realistis, yaitu berangkat dari tahap perencanaan, prosesnya, dan yang terakhir adalah hasilnya. SMAN 10 Malang yang telah berkali-kali menerima penghargaan sekolah hijau (Indonesian Green Award kategori Green School Tahun 2012 dan Tahun 2014, Juara 2 Sekolah Hijau Kota Malang Tahun 2014) sangat optimis mengikuti lomba ini.

Selama kurang lebih dua bulan, tepatnya dimulai pada awal bulan Oktober hingga akhir November, tim mapping mengerjakan project ini. Awalnya, mereka melakukan sosialisasi kepada seluruh siswa SMAN 10 Malang agar semua dapat terlibat mendukung lomba ini, kemudian memetakan kondisi lingkungan SMAN 10 Malang, dan membuat kesimpulan. Sebagai tindak lanjut untuk project ini, sekolah juga mendukung dalam merealisasikan pemetaan yang telah dibuat. Pada malam puncak festival ini, SMAN 10 Malang berhasil menjadi juara II Lomba Mapping Sekolah kategori SMA.

Green School Festival 2014 merupakan langkah pemerintah yang bagus untuk mewujudkan kembali Malang yang ijoroyo-royo.(tuh)

By