Tim SMAN 10 Malang Meraih Juara Pertama LKIR ke 46

Pada Sabtu, 1 November 2014, Tim SMA Negeri 10 Malang meraih juara pertama LKIR ke 46 (Lomba Karya Ilmiah Remaja) bidang Ilmu Pengetahuan Teknik tingkat nasional yang diselenggarakan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di bawah Kementrian Riset dan Teknologi. Tim tersebut beranggotakan dua siswa yakni Regia Puspitasari dan Audie Rahmani Awali yang meneliti mengenai I-GREEN ; Optimalisasi Daya Guna Serat Rami sebagai Material Superkapasitor yakni green technology of energy storage device.

1

 

LKIR merupakan ajang lomba penelitian tahunan yang diikuti oleh siswa SMP dan SMA se-Indonesia. Terdapat 3 bidang dalam kompetisi ini yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Teknik.  Awalnya, siswa melaksanakan registrasi dengan mengumpulkan proposal penilitan yakni pengajuan proses penelitian mengenai apa yang akan diteliti serta beberapa berkas lain secara online.

Kemudian akan dilaksanakan seleksi nasional dan dipilih 10 proposal penelitian terbaik setiap bidang. Kemudian 10 tim tersebut mendapatkan pembimbing khusus dari LIPI yang disesuaikan dengan tema penelitian. Penelitian tim SMA Negeri 10 Malang mendapatkan pembinaan dari salah satu peneliti LIPI-Pusat Penelitian Fisika yaitu Dr.Ir. Nanik Indayaningsih , M.Eng. Penelitian dilaksanakan langsung di laboratorium LIPI-P2F , Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

2

Setelah menjalani proses pembinaan dan penelitian selama kurang lebih 4 bulan, disusunlah laporan penelitian yang kemudian dikumpulkan dan diseleksi oleh dewan juri. Dari 3 bidang, terpilih 25 finalis yang akan melaksanakan presentasi dan pameran. Babak Final dilaksanakan pada 29 Oktober 2014 – 1 November 2014. Tim SMA negeri 10 Malang memperoleh trophy emas, sertifikat dan uang pembinaan. Nantinya, pemenang LKIR-46 akan mendapatkan pembinaan lebih lanjut dan akan mewakili Indonesia dalam ajang Intel ISEF (International Science and Engineering Fair) yang akan diselenggarakan di Pennsylvania, Amerika Serika pada 2015 mendatang.

By