Lomba ini adalah event tahunan yang diadakan oleh UKM KI Al Qolam UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) untuk menggali potensi literasi para pelajar serta mahasiswa se-Indonesia. Dalam lomba ini terdapat dua sub lomba yakni Lomba Cerpen yang ditujukan untuk pelajar dan mahasiswa, serta Lomba Essay yang ditujukan untuk mahasiswa. Pada tahun ini, AWF mengangkat tema “Kisahku Untuk Islam” untuk Lomba Cerpen dan “Peran Muslim di Era Modern” untuk Lomba Essay.

Seleksi dilakukan secara online  dengan batas akhir pengiriman karya pada tanggal 15 September 2014. Hasilnya diumumkan pada tanggal 12 Oktober 2014 via online  melalui fanpage Facebook Al Qolam Writivation Festival 2014 dengan diambilnya 3 Juara pada masing-masing lomba.

Dalam lomba ini, Asyifa Alifia selaku perwakilan dari SMA Negeri 10 Malang berhasil memborong juara pertama Lomba Cerpen Kategori Pelajar Tingkat Nasional dengan Judul : Azan Dalam Dekap Hamburg, mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp 750.000,00, sertifikat, piala, serta Piala Rektor UPI yang akan dikirimkan langsung kepada alamat para pemenang.

Semoga dengan kemenangan ini, kami bisa meraih prestasi yang lebih banyak lagi di ajang sejenis. (Oleh: Asyifa).

By