2 Siswi Sman 10 Malang yaitu Lailatul Fitri dan El Eden Marthinus, berkesempatan mengikuti Peace Leaders Camp: Collaboration in Diversity Tingkat Jawa Timur dan Jawa Barat. Bertempat di Desa Wisata Sambi, JL. Kaliurang, Km 19, 2, Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582. Selama seminggu (Selasa, 21 Oktober 2014-Senin, 27 Oktober 2014).

Kegiatan ini diikuti oleh 78 pemuda dari berbagai latar belakang agama dan organisasi di 7 daerah yaitu Malang, Jember, Madura, Bandung, Bekasi, Bogor dan Yogyakarta. Peserta dibagi dalam 3 kelas yaitu kelas A, B dan C untuk mempermudah penyampaian materi.

youth camp

Di hari pertama dan kedua, peserta diajarkan banyak materi mengenai konflik, persepsi, penyelesaian konflik, dan kepemimpinan. Semua peserta sangat aktif dan saling mendengarkan satu sama lain. Kegiatan di kelas juga tidak monoton, tapi diselingi games dan ice breaking dalam penyampaian materi. Selain itu, di setiap malam diadakan Cultural Night di mana setiap daerah harus menampilkan kesenian khas sesuai nomor urut (1 dan 2 pada malam pertama, 2 dan  pada malam kedua dan seterusya.)

Di hari ketiga, peserta belajar mengenai komunikasi. Panitia menghadirkan dua  narasumber yakni Budi Hermanto dari Jagongan Media Rakyat dan Bambang Moeryanto dari Aliansi Jurnalis Independen. Banyak hal yang mereka ajarkan mengenai komunikasi, bagaimana media membentuk berita  maupun membentuk persepsi masyarakat, dan berbagai hal mengenai jurnalisme dan komunikasi.

youth camp1

Di hari keempat, peserta mengikuti kegiatan field trip ke berbgai komunitas dan media seperti komunitas lima gunung, kampung dolanan, radio unisi, tribun jogja, komunitas mata pena. Sedang pada hari terakhir, peserta membuat rencana tindak lanjut (RTL) yang akan diimplementasikan di daerah masing-masing sebagai kelanjutan program duta perdamaian dan toleransi antar umat beragama ini. (Oleh: Eden & Lailatul).

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *