Jumat, 5 September 2014, kandidat OSIS/MPK SMAN 10 Malang masa bakti 2014-2015 memulai acara pembukaan di lapangan basket. Seluruh peserta membawa barang bawaan untuk menginap selama dua malam tiga hari. Bu Endang selaku kesiswaan memberi wejangan agar peserta diklat OSIS/MPK dapat mengikuti serangkaian kegiatan dengan baik.

Materi etika, kepemimpinan dan keorganisasian yang disampaikan oleh Bu Endang, Pak David, dan Pak Ismail dimaksudkan untuk membentuk pengurus OSIS/MPK yang dapat dicontoh oleh seluruh siswa SMAN 10 Malang. Selain itu menjadi bekal dalam menjalankan roda keorganisasian OSIS/MPK.

 osis-mpk

Dalam kegiatan ini dihadirkan beberapa materi diantaranya Leadership Pathway yang memiliki 7 pos. Di setiap posnya peserta harus melakukan tugas yang diberikan oleh pemateri. Pos – pos tersebut tersebar di area Tlogowaru.

Di pos 1 diisi tentang profesionalitas, di pos ini para peserta bermain game menirukan gaya lawan seperti bercermin. Namun peserta yang mendapat giliran harus menunjukkan gayanya sendiri, lalu gaya orang lain, dan gaya orang yang akan ditunjuk. Nantinya peserta yang tidak professional atau lupa aturannya dikeluarkan dari lingkaran permainan.

Di pos 2 tentang keagamaan. Dimana pemateri memberi motivasi keagamaan agar anggota OSIS/MPK tetap berpegang teguh pada tiang agama. Di pos 3 tentang kreativitas dalam usaha, yaitu membuat skema acara di kertas buram semenarik mungkin dan sekreativias mungkin.

Di pos 4, para pesera harus mewarnai gambar garuda pancasila sesuai dengan warna aslinya. Di pos ini kami membantu para peserta diklat untuk menemukan tipe kepemimpinannya dan sharing bagaimana mengatur permasalahan dengan penyesuaian tipe kepemimpinan. Di pos 5 membahas tentang sosial dan politik dengan cara peserta merancang partai politik sesuai dengan imajinasi dan pikiran mereka lalu dipresentasikan.

Di pos 6 membahas tentang komunikasi dan strategi, para peserta diberi kertas yang berisi tentang berbagai macam sifat manusia, nantinya setiap peserta akan melingkari sifat sesuai dengan sifatnya. Setelah itu sifat mereka dianalisis bersama kelompoknya untuk memecahkan masalah.

Di pos 7 membahas tentang visi misi, membahas perbedaan visi dan misi serta membuat visi misi sebuah perusahaan.

Pada Sabtu malam mulai jam 8 sampai 1 malam peserta mengikuti acara JJM (Jalan – Jalan Malam) menantang pikiran, mental dan kekuatan peserta diklat karena dalam acara ini juga dibagi dalam pos – pos tersebar di area Tlogowaru. Dalam setiap pos terdapat kakak pemateri yang member tugas dan mengarahkan peserta diklat menuju pos selanjutnya.

Minggu, 7 September 2014 kegiatan ditutup dengan outbond agar pikiran menjadi fresh, energi pulih kembali, dan semangat terus membara. Detik ini menjadi awal perjuangan pengurus OSIS/MPK masa bakti 2014/2015 memegang kepemimpinan organisasi yang menjadi panutan seluruh siswa SMAN 10 Malang. Nantinya mereka diharapkan dapat mengaplikasikan seluruh nilai – nilai di Pendidikan dan Pelatihan OSIS/MPK ini dalam kehidupan nyata, membawa dan menjaga nama baik SMAN 10 Malang.

Kendala yang dihadapi selama diklat yaitu, rute Leadership Pathway yang jauh menyebabkan perjalanannya lama, konsumsi makan siang saat Leadeship Pathway mengalami kemunduran waktu karena adanya miss komunikasi dengan pihak catering, beberapa pos harus bisa menyesuaikan dengan keadaan lingkungan di sekitarnya karena keadaan yang kurang kondusif, pada malam sebelum JJM dikabarkan adanya acara yang mendadak, yaitu ludruk yang dapat mengganggu dalam JJM.

Dari seluruh kendala yang ada, kami dapat mengatasi kendala – kendala itu semua. Mengenai rute Leadership Pathway yang jauh, kita dapat mengatasi dengan cara memperpendek waktu di setiap pos. Tetapi tidak mengurangi materi yang disampaikan, untuk masalah catering diatasi dengan bantuan membungkus dari panitia di pos 1 yang telah selesai menyampaikan materi sehingga proses pembungkusan lebih cepat selesai. Pos 4 menyiasati kondisi lingkungan yang awalnya penuh ulat dengan pindah ke lahan kosong disebelahnya. Sedangkan, untuk mengatasi penutupan jalan akibat acara ludruk, tim panitia mengubah rute JJM melewati sungai.

Nantinya, setelah acara Pelatihan dan Pendidikan OSIS/MPK ini dapat memberikan banyak manfaat didalamnya. Selain itu memberikan banyak pengetahuan melalui materi – materi dan juga presentasi yang diberikan oleh beberapa guru. Maka, ini akan menjadi suatu bekal bagi para peserta untuk dapat mengemban amanah sebagai OSIS/MPK SMAN 10 Malang Leadership Academy. Semoga dalam Pelatihan dan Pendidikan OSIS-MPK 2014-2015 dapat bermanfaat dan menjadikan bekal dalam masa bakti satu tahun kedepan. (Oleh: Damar D, Muslihatin A).

By