Sabtu, 6 September 2014 Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama membuka sekaligus berharap agar tim terbaik yang keluar sebagai pemenang dalam ajang Indonesian Robotic Olympiad (IRO) 2014 dapat menjuarai World Robot Olympiad di Rusia. Lebih lanjut, dengan melihat jumlah peserta yang mencapai 300 mulai dari pelajar Sekolah Dasar ini dia optimistis tim robotik Indonesia dapat menorehkan prestasi di kancah Internasional. Sementara, kali ini IRO mengusung tema “Robot and Space” dengan lima kategori.

iro1
Adapun kategorinya, reguler bagi siswa jenjang SD hingga SMA. IRO, Indonesian Robotic Olympiad adalah event tahunan yang diadakan oleh Mikrobot. Dimana para tim-tim yang bergabung dalam klub, maupun perseorangan dari seluruh Indonesia berkumpul dalam suatu tempat, dan berkompetisi satu sama lain untuk mendapatkan predikat yang terbaik. Robot yang dikompetisikan adalah robot programmable dalam bentuk Lego. Kompetisi ini terbagi dalam beberapa kategori, seperti Regular, FLL, Open, Two Ways Bot, dan Football. Tahun ini, IRO 2014 diadakan di Tzu Chi International School, Jakarta Utara.

rio2

SMAN 10 Malang mengirimkan satu tim yang bernama SMAN10Malang_SMARTLAB, dengan robotnya yang bernama Ext-ARM 1. Ext-ARM 1 ini berfungsi untuk menjangkau barang yang jauh dari manusia, menggunakan sistem perpanjangan lengan. Sekaligus sebagai alat simulasi untuk memudahkan astronot bekerja di sebuah planet di ruang angkasa, sehingga tantangannya adalah bagaimana cara mengondisikan alat yang dibuat itu dapat bekerja di ruang angkasa. Banyak halangan yang dirasakan seperti singkatnya waktu persiapan, padatnya kegiatan lain yang mengganggu proses perancangan robot ini. Dan akhirnya sampailah pada waktunya, kompetisi dimulai. Tim dari SMAN 10 Malang mengikuti Kategori Open, dengan teknis mempresentasikan robotnya, mulai dari fungsi hingga keunikannya.

iro3

Setelah semua kategori berakhir, tepat pukul 18.00, break sesaat untuk persiapan closing ceremony. Setengah jam berlalu, inilah saat-saat yang ditunggu para peserta IRO 2014. Pembacaan para juara beserta nilainya. Tim  SMAN10Malang_SMARTLAB (beranggotakan Gilang Tirta, Naufal Ahmad dan Alfred Thomas) mendapatkan predikat Juara Harapan 1 pada Kategori Open. (Oleh: Gilang).

By