MOS 2014

            Masa Orientasi Siswa atau yang sering disebut MOS itu merupakan masa-masa peserta didik baru mengenal lingkungan sekolah, dengan dibantu oleh kakak kelas yang lebih dulu mengenal lingkungan sekolah itu. MOS biasanya identik dengan banyak kegiatan perpeloncoan, seperti siswa disuruh memakai atribut yang aneh, dibentak-bentak oleh kakak kelas, dipermalukan didepan banyak orang dan lain sebagainya. Awalnya kegiatan perpeloncoan ini dimaksudkan dengan banyak alasan, seperti : untuk mendidik karakter siswa baru, agar siswa terbiasa dengan disiplin dan masih banyak lagi alasan yang sering dibuat oleh kakak kelas. Tapi lain halnya dengan MOS di SMAN 10 Malang ini yang lebih bersifat edukatif, jadi tidak ada kegiatan perpeloncoan seperti dulu.

Foto 1

            Sabtu, 12 Juli 2014, hari itu merupakan Pra-MOS di SMAN 10 Malang. Agenda Pra-MOS adalah peserta didik baru diinformasikan tentang kegiatan MOS selama tiga hari. Dan juga untuk memulai interaksi dengan teman-teman yang lain. Peserta didik baru hadir pukul 08.00, banyak dari mereka yang sudah berda sebelum pukul 08.00 WIB. Pukul 08.15 Apel pagi pun diselenggarakan, dengan Ibu Wahyu sebagai pembinanya. Setelah apel para siswa baru dipersilahkan menuju aula untuk mengikuti sosialisasi Bimbingan Konseling dari Ibu Suhartini. Lalu mereka dibentuk kelompok dan mereka memulai kegiatan dengan kelompok masing-masing. Dan kegiatan hari itu berakhir pada pukul 11.50 WIB.

Foto 2

Senin, 14 Juli 2014, siswa hadir di sekolah pada pukul 06.30, mereka langsung menuju lapangan untuk memulai apel pembukan MOS, Sembari menunggu siswa kelas XI dan XII mereka menyiapkan barisan mereka agar terlihat rapi saat apel. Apel hari itu berlangsung dengan lancar dan Pak Widodo sebagai Pembinanya. Dengan menyematkan tanda kepada 2 peserta didik baru dan menerbangkan balon, kegiatan MOS 2014 resmi dibuka. Lalu seluruh peserta didik baru mengenakan name tag yang telah mereka bawa, diiringi riuh tepuk tangan Peserta Apel. Kegiatan mereka yang pertama pada hari itu adalah mengikuti kegiatan Wawasan Wiyata Mandala dengan dipandu oleh Pemandu SMAN 10 Malang.

Foto 3

Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik baru mengenal SMAN 10 Malang dengan baik. Pada pukul 08.30 mereka mendapatkan motivasi dari Ibu Kepala Sekolah. Kegiatan dilanjutkan agenda MOS yang lain diselangi dengan ice breaking, yaitu permainan singkat yang diberikan oleh panitia. Dan pada pukul 12.35  peserta didik baru melaksanakan apel penutupan. Tepat pukul 13.00 peserta didik baru sudah meninggalkan lingkungan sekolah.

Foto 4

Untuk hari terakhir MOS yaitu pada hari Rabu, 16 Juli 2014, kegiatan banyak di luar ruangan. Pada pukul 06.30 siswa dibariskan di lapangan hijau, dan mereka memulai apel dengan dipimpin oleh panitia. Setelah apel peserta didik baru memainkan sebuah game yang dipimpin oleh Pak David. Pada pukul 07.15 mereka menerima pembekalan dari panitia. Lalu mereka diajak bermain game 9 core values, namun untuk mempersingkat waktu game hanya diberikan 5 core values. Yaitu, collegial, couregeaus, patriotic, innovative, dan excellent. Lalu kegiatan L to L Exhibition, yaitu pengenalan kepada siswa baru, apa itu L to L dan apa saja L to L di SMAN 10 Malang.

Foto 5

Lalu mereka berhak memilih 4 bidang L to L di SMAN 10 Malang. Pada pukul 11.15 mereka dipersilahkan memasuki aula untuk kegiatan Time Stick, yaitu mereka menuliskan harapan mereka, pada saat lulus dari SMAN 10 Malang mereka akan menjadi apa pada selembar kertas kecil. Lalu disimpan di dalam sedotan dan akan dibuka lagi pada saat hari kelulusan. Lalu mereka diajak untuk turun ke lapangan basket dan menerima 1 buah balon setiap siswa dan mereka mengikatkan kertas berisi sifat-sifat buruk mereka untuk diterbangkan bersama balon gas tersebut. Sambil mengucapkan semboyan SMAN 10 Malang mereka menerbangkan balon mereka, dan dengan terbangnya balon tersebut kegiatan MOS di SMAN 10 Malang resmi ditutup.(nila)

By