ESD Rice Project

Sebagai kelanjutan pelaksanaan program ESD Rice Project di SMAN 10 Malang, minggu lalu (24/7) beberapa siswa dengan didampingi guru, melakukan observasi awal ke area persawahan di sekitar sekolah. Pada kesempatan tersebut, Ibu Kepsek, Niken Asih Santjojo, juga berkenan turut serta dalam kegiatan dengan didampingi oleh Bapak Sarwijono sebagai pendamping ahli.

Foto 1

Kegiatan observasi ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran bagi siswa yang akan menanam padi gogo di lahan sekolah. Pada saat observasi, para siswa didampingi oleh pemilik sawah yang kebetulan adalah salah satu gardener sekolah. Selama observasi, siswa menanyakan hal-hal teknis mengenai budidaya padi di lahan sawah, mulai dari pemilihan bibit, penyemaian, perawatan sampai dengan nanti panen dan pasca panen. Banyak ilmu yang didapat dari kunjungan langsung ke sawah tersebut. Kedepannya, siswa akan dilibatkan langsung untuk proses perawatan yaitu pemupukan, penyiangan, pengairan, pemberamtasan hama, dll.

Foto 2

Diharapkan dengan observasi dan pengalaman langsung siswa akan mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari program ESD Rice Project ini. Selanjutnya, sekolah akan mengembangkan padi gogo di lahan sekolah.

By