Go Adipura Kencana!

Adipura Kencana adalah penghargaan yang diberikan pemerintah bagi kota – kota yang telah empat kali meraih adipura. Dimana, Adipura itu sendiri merupakan penghargaan setiap tahun yang diberikan kepada kota – kota terbersih di Indonesia oleh Kementrian Republik Indonesia. Malang, merupakan salah satu kota yang aktif dan ikut berperan dalam penghargaan Adipura Kencana. Setelah lolos dari berbagai tahap penilaian, pada tanggal 25 Mei 2015 Dewan Pertimbangan dari Tim Juri Adipura Kencana melakukan pemantuan yang berguna sebagai bahan pertimbangan dalam proses penilaian.

Sangat membanggakan ketika SMAN 10 Malang Kampus 2, ditunjuk untuk ikut berpartisipasi oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dalam kegiatan penilaian ini. Karena, SMAN 10 Malang Kampus 2 merupakan satu – satunya sekolah yang memiliki pengelolahan dibidang lingkungan berupa pemanfaatan urine manusia menjadi biogas. Segala bentuk persiapan telah dilakukan, bahkan pada hari Sabtu, 24 Mei 2015 para siswa dan siswi SMAN 10 Malang Kampus 2 bergotong – royong untuk menghijaukan wilayah asrama dan sekolah, kegiatan bersih – bersih juga mulai digalakkan pada hari ini (24Mei’14). IPAL (Instalasi Pengelolahan Air Limbah), komposting, biopori dan program – program unggulan lainnya dari L to L GEC juga disajikan guna menyambut Dewan Pertimbangan dari Tim Juri Adipura Kencana.

Sudah sejak pukul 08:00 WIB siswa – siswi SMAN 10 Malang Kampus 2 mempersiapkan diri. Tim Markom dan Pemandupun juga melakukan persiapan didepan area asrama. Hingga akhirnya penantian panjang keluarga besar SMAN 10 Malang Kampus 2 pun terjawab. Tepat pukul 15:30 WIB, rombongan Dewan Pertimbangan dari Tim Juri Adipura Kencana menyinjakkan kaki di bumi tlogowaru. Teriakan yel – yel dari Tim Paskibra SMAN 10 Malang turut memeriahkan sore itu. Meskipun suasana terlihat mendung, namun wajah – wajah warga SMAN 10 Malang tetap sumingrah ketika menyambut kedatangan mereka. Ternyata, tidak hanya dewan pertimbangan saja, namun rombongan Abah Anton dan staf beserta Dinas –. Dinas Pemerintahan Kota Malang juga hadir menemani 2 anggota Dewan Pertimbangan dari Tim Juri Adipura Kencana ini.

25 Mei 2014 copy

β€œSedikit canggung awalnya, karena saya akan memandu bapak juri. Namun, ternyata beliau sangat ramah dan friendly”, tutur Aqila yang merupakan salah satu anggota Pemandu Sekolah. Kumbung Jamur, merupakan tempat pertama yang dikunjungi bapak Juri. Selanjutnya rombongan digiring menuju tempat pengelolahan biogas. Disana Wahidyawati (XII IPS 5) tampak cakap dalam menyampaikan presentasinya kepada 2 tamu istimewa ini. Setelah, mendengar penjelasan ringkas. Para tamu diarahkan menuju Gedung B. Jamuan makan dan jajanan khas kota malang sudah tampak di meja untuk dihidangkan. Namun, hal yang ditakutkan terjadi, hujan turun meskipun tidak terlalu deras. Tapi cukup menghambat kegiatan sore itu. Kegiatan hari itu diakhiri di Aula Mercusuar SMAN 10 Malang Kampus 2 dengan presentasi dari tim komposting. Rombongan meninggalkan asrama dengan keadaan hujan sekitar pukul 16:30 WIB. β€œMudah – mudahan hasil kerja keras kami, terbayarkan. Semoga Kota Malang dapat meraih penghargaan Adipura Kencana 2015”, ujar Tuhrotul dengan wajah penuh harap. (vef)(yun)

By